Sukses

Lebih Akrab dengan Smartphone Premium Lokal, Advan G1

Pertama kali melihatnya, desain Advan G1 terlihat elegan dan kokoh. Kesan itu sangat terasa ketika kami menggenggam ponsel tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Tekno Liputan6.com diundang untuk menjajal dan memberikan input kepada Advan, sebelum vendor lokal tersebut resmi meluncurkan smartphone premiumnya yang diberi nama G1 ke pasar ponsel Tanah Air.

Pihak Advan kemudian memperlihatkan prototipe G1 kepada sejumlah awak media yang diundang terbatas. Pertama kali melihatnya, desain Advan G1 terlihat elegan dan kokoh.

Kesan itu sangat terasa ketika kami menggenggam ponsel tersebut. Bodi metalnya sangat solid dan yang paling penting adalah nyaman saat dalam genggaman, sehingga tak mudah terjatuh. Lekukan di setiap sisi bodinya pun terasa lembut dan 'nempel' di tangan.
Prototipe Advan G1 (Liputan6.com/Iskandar)
Secara keseluruhan, form factor-nya mirip dengan iPhone 6 atau iPhone 6s. Pada bagian muka smartphone, didominasi dengan layar 5 inci dan di atasnya terdapat lensa kamera 5 megapiksel (MP), lubang speaker, dan sensor proximity.

Di bagian kiri bodi terdapat slot SIM card yang menampung dua kartu SIM 4G LTE. Sementara di bagian kanan bodi, tersemat tombol power dan volume.
Bodi Advan G1 terlihat tipis dan nyaman digenggam (Liputan6.com/Iskandar)
Beralih ke bawah bodi, ditemukan port micro USB untuk mengisi daya baterai smartphone atau mentransfer data. Sedangkan di atas bodinya, tertanam port audio jack 3,5 mm untuk kamu yang ingin menancapkan headphone saat mendengarkan musik atau menikmati konten multimedia.

Di belakang bodi handset, ditemukan lensa kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0, pemindai sidik jari, dan speaker internal. Keluaran audio dari speaker yang ada terdengar cukup menghentak dan bahkan suaranya tidak 'pecah' saat diposisikan pada volume tinggi.
Cover belakang prototipe Advan G1 (Liputan6.com/Iskandar)
Namun sayang, grill speaker yang ada di bawah bodi membuat suara speaker terdengar kurang maksimal saat smartphone dalam keadaan cover belakang di atas meja. Bukan itu saja, hasil bidikan kamera utama 13MP juga terlihat kurang detail dan jernih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas Kamera

Direktur Marketing Advan Tjandra Lianto mengatakan, kamera yang ada memang belum maksimal dari segi software. Maka dari itu, pihaknya akan meningkatkan kualitas kamera pada versi final Advan G1.
Prototipe Advan G1 (Liputan6.com/Iskandar)
"Kamera pada prototipe Advan G1 memang belum maksimal dan kami akan meningkatkan kulaitasnya pada versi final. Soal letak grill speaker, kami juga berencana akan memindahkannya ke bawah bodi agar output suaranya maksimal meskipun smartphone ditaruh di atas meja," ujar Tjandra, Rabu (31/8/2016) di Jakarta.

Soal spesifikasi, smartphone yang rencananya akan dibanderol Rp 2 jutaan ini bakal diperkuat dengan prosesor quad-core MediaTek MT8735, RAM 3GB, memori internal 16GB, dan fitur fingerprint.

Tjandra mengungkap, Advan G1 akan mulai diproduksi pada awal September 2015 di pabrik milik perusahaan di Semarang, Jawa Tengah, dengan gelombang produksi awal sekitar 15.000 unit.
Prototipe Advan G1 (Liputan6.com/Iskandar)
Dalam kesempatan yang sama, Brand Director Advan Andy Gusena memaparkan bahwa smartphone ini mengunggulkan kamera dan speaker.

"Posisitioning Advan G1 adalah smart camera dan professional audio. Smartphone ini memiliki fitur smart camera yang memungkinkan pengguna untuk mengedit, menambahkan filter, menaruh frame, dan lain sebagainya tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Juga terdapat speaker internal dengan suara yang bisa dibilang lebih bagus dari iPhone," jelas Andy.  

Sebagai informasi, Advan G1 mulanya direncanakan rilis pada 17 Agustus 2016, namun terpaksa ditunda karena sejumlah hal.
Fitur smart camera pada Advan G1 (Liputan6.com/Iskandar)
Prototipe Advan G1 (Liputan6.com/Iskandar)
Pakar Telematika Hasnul Suhaimi yang terlibat dalam pengembangan Advan G1 bersama Mars Research Specialist menuturkan, jika tidak ada halangan, smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marsmallow ini akan dirilis secara resmi di pasar ponsel Tanah Air pada Hari Sumpah Pemuda atau tepatnya pada 28 Oktober 2016.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini