Sukses

Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Jatuh

Ponsel terjatuh, bahkan terbentur? Jangan khawatir. Ikuti langkah ini agar kamu bisa memastikan ponselmu masih berfungsi dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Kini, sudah banyak ponsel yang hadir dengan fitur tahan banting. Bahkan, beberapa di antaranya sudah tersertifikasi.

Sayangnya, tak semua ponsel dengan fitur ini bisa menahan benturan keras jika dijatuhkan dari ketinggian yang sudah kelewat batas. Nah, acapkali pengguna ponsel mengabaikan hal tersebut.

Karena mereka sudah mendapatkan 'jaminan' ponsel yang dimiliki tahan banting, mereka pun lalai dan sering menjatuhkan ponselnya di tempat-tempat yang tak diduga, seperti terjatuh di tangga, terbentur batu, dinding, atau yang paling parah: jatuh di aspal.

Jika kamu sering mengalami hal tersebut, jangan panik. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat kamu tahu ponsel kamu jatuh, terbentur atau terbanting. Merangkum berbagai sumber, ikuti caranya berikut ini.

1. Periksa Kondisi Fisik
Setelah tahu ponsel terjatuh, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi fisik, mulai dari bodi, lubang-lubang seperti jack audio headphone, lubang charger hingga USB.


Jika ada goresan kecil atau lecet, kamu bisa mengganti casing ponsel, atau juga bisa mengakalinya dengan memasang casing tambahan atau menempel stiker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Layar dan Performa

2. Cek Layar


Setelah mengecek kondisi fisik, kamu juga diwajibkan mengecek kondisi layar karena, layar merupakan komponen vital yang ada di ponsel. Jika layarmu rusak, kamu bisa membawanya ke service center ponsel terdekat.

3. Cek Performa


Jangan lupa, kamu pun harus mengecek performa ponsel dengan mengetes multitasking aplikasi, apakah ponsel berjalan dengan lancar atau lelet.

3 dari 3 halaman

Cek Kamera dan Baterai

4. Cek Kamera
Selain layar, kamera juga menjadi bagian penting ponsel. Uji performa pada kamera utama dan kamera depan ponsel, hasilnya akan memperlihatkan apakah kamera ponsel masih berfungsi dengan normal atau tidak setelah jatuh


5. Isi Baterai


Terakhir, yang paling penting kamu harus menguji kelayakan ponsel setelah jatuh dengan mengisi baterai. Jika proses pengecasan berjalan dengan lancar jaya, tidak akan ada masalah serius yang terjadi meski ponsel telah jatuh.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini