Sukses

Cara Merawat PS4 dengan Baik dan Benar

Bagi seorang gamer, akhir pekan adalah hari yang paling ditunggu karena bisa bermain gim seharian tanpa perlu terganggu aktivitas lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seorang gamer, akhir pekan adalah hari yang paling ditunggu karena bisa bermain gim seharian tanpa perlu terganggu aktivitas lainnya.

Namun, keasyikan main gim dan lupa waktu juga kurang baik untuk tubuh dan konsol milik kamu. Akan tetapi, tak dimainkan dalam waktu yang lama pun konsol kamu akan dipenuhi oleh debu dan kotoran lainnya.

Belajar dari pengalaman memiliki konsol, ada baiknya kamu menyisihkan waktu sejenak untuk membersihkan konsolmu dengan baik dan benar.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah beberapa cara yang pernah tim Tekno Liputan6.com terapkan untuk merawat konsol PlayStation 4 (PS4) kamu agar lebih awet dan tentu saja bersih dari noda.

Seperti yang sudah kamu ketahui, konsol PS4 dapat diletakkan dalam keadaan posisi berdiri (vertikal) atau pun tertidur (horizontal). Perihal posisi mana yang lebih baik, itu semua hanya berdasarkan kebiasaan atau pun ruangan yang tersedia.

Ada baiknya untuk meletakkan PS4 di atas permukaan yang rata seperti meja. Hindari untuk meletakkan PS4 di atas karpet atau permukaan lembut lainnya. Hal ini akan mengganggu sirkulasi udara konsol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan debu

Seperti barang-barang elektronik lainnya, debu merupakan "penyakit" yang pasti sudah ada dan harus diatasi dengan segera. Tak perlu ribet kok untuk membersihkannya.

Cukup dengan kain lap berbahan lembut dan cairan pembersih, kamu pun bisa membuat konsol PS4 kamu kembali terlihat kinclong.

Bila kamu yang suka lupa waktu, masalah terbesar yang akan dihadapi konsol PS4 kamu adalah panas. Bagaimana cara mengatasi panas? Cara yang pasti dan mudah adalah untuk tidak bermain gim berlebihan.

Jika dirasa konsol sudah mulai panas, maka itu tandanya untuk berhenti sejenak dan lakukan aktivitas lainnya.

Jangan berpikir untuk menggunakan kipas angin untuk mendinginkan konsol, karena justru akan mengundang debu masuk ke dalam konsol lebih cepat. Bila terpaksa ingin cari pendingin, kamu bisa membeli beberapa produk aksesori atau pendingin resmi milik Sony.
Inikah penampilan PS4 Slim?
Agar konsol kamu lebih awet, ada baiknya untuk membatasi waktu bermain kamu. Berdasarkan pengalaman kami, bermain 5 jam nonstop adalah waktu yang cukup. Setelah itu, ada baiknya kamu untuk mengistirahatkan konsol selama 30 menit hingga satu jam sebelum kembali bermain.

Hal terakhir dan tak kalah pentingnya adalah bagaimana cara menyimpan keping Blu-Ray yang baik dan benar? Bagi kamu yang membeli gim kepingan Blu-ray, ada baiknya untuk meletakkan keping tersebut ke dalam kotaknya.

Sekian adalah tips dan cara merawat konsol PS4, agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Selamat mencoba...

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini