Sukses

Cara Mudah Merawat Kabel Charger iPhone Agar Tak Cepat Rusak

Intip langkah singkat untuk merawat kabel charger iPhone-mu agar tidak cepat putus dan robek.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hal baru bagi pengguna iPhone untuk mengetahui bahwa kabel charger smartphone besutan Apple itu mudah rusak. Jika ini sudah terlanjur kejadian, pengguna pasti sangat jengkel.

Karena, selain harus membeli kabel baru dengan harga yang cukup mahal, mereka juga harus lebih berhati-hati agar kabelnya tidak gampang putus.

Nah, sebetulnya ada cara mudah untuk mengantisipasi hal ini.

Caranya adalah merawat kabel iPhone-mu dengan baik dan teratur, agar tetap awet digunakan dan tidak cepat rusak.

Simak cara-caranya berikut ini, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari laman 9to5Mac, Rabu (14/9/2016).

Gulung Kabel iPhone dengan Benar

Kamu harus menggulung kabel iPhone (juga perangkat iOS lain seperti iPod Touch dan iPad) dengan benar.

Sebagai catatan, kamu tidak bisa menggulung kabel berbentuk elips seperti menyimpan tali tambang. Strateginya, gunakan sudut 45-60 derajat dengan pola akhir segitiga, atau juga melingkar.

Mengapa harus demikian? Sebab, jika kamu tidak menggulung kabel dengan benar, elemen di dalam kabel bisa mudah putus diakibatkan sudut yang tajam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan dengan Lembut dan Tambah Aksesori Proteksi

Gunakan dengan Lembut

Seperti merawat bayi, treat your cable right. Ya, gunakan kabel iPhone dengan lembut, dalam artian jangan cabut dari soket USB atau komputer dengan kasar.

Tarik kabel dengan memegang bagian kotak USB, bukan dari kabelnya. Karena, jika kamu menarik kabelnya dengan cepat secara terus-terusan, bisa-bisa kabel akan putus secara perlahan.

Gunakan Proteksi Tambahan

Agar kabel tidak mudah robek atau putus, kamu pun sebetulnya bisa menambahkan proteksi seperti menyelipkan per pulpen ke bagian ujung kabel.

Jika tak punya per, kamu bisa membeli aksesori karet warna-warni dengan fungsi yang sama, di mana dapat membuat kabel lebih awet dan tidak gampang rusak.

Aksesori ini tersedia di toko aksesori smartphone, atau kamu juga bisa membelinya secara online.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini