Sukses

FIFA 17 vs PES 2017, Siapa yang Keluar Sebagai Jawara?

Entah sejak kapan banyak gamer selalu membanding-bandingkan gim (game) olahraga sepak bola besutan EA Sports dan Konami ini.

Liputan6.com, Jakarta - Entah sejak kapan banyak gamer selalu membanding-bandingkan gim (game) olahraga sepak bola besutan EA Sports dan Konami ini.

Menariknya, kedua studio gim mengetahui kalau gim buatan mereka selalu menjadi perdebatan "panas" gamer pecinta gim bergenre olahraga ini.

Tak ingin mengecewakan masing-masing penggemarnya, Konami dan EA Sports pun tiap tahunnya selalu memberikan kemampuan terbaik mereka apalagi di tahun 2016 ini.

Persaingan PES (Pro Evolution Soccer) 2017 dan FIFA 17 pun semakin memanas di ajang Gamescom 2016 di Cologne. Saat itu, Konami dan EA meluncurkan trailer dan demo gim yang bisa dimainkan untuk masing-masing gim.

1. Tanggal Rilis
Persaingan keduanya dimulai dengan peluncuran gim ini secara global. Baik Konami dan EA Sports merilis gim masing-masing pada September 2016.

Bedanya, PES 17 akan rilis terlebih dahulu pada 15 September 2016, sedangkan FIFA 17 baru dirilis pada 29 September 2016.

2. Grafis
Tak lagi menggunakan engine grafis Ignite buatan Electronic Arts (EA), tahun ini FIFA 17 beralih ke engine Frostbite milik EA Digital Illusions CE (DICE) yang berhasil menampilkan grafis yang luar biasa di dalam seri Battlefield 4, Battlefield 1 dan Star Wars: Battlefront.

Lalu bagaimana dengan PES 17? Untuk seri teranyarnya ini, Konami masih memercayakan kualitas grafisnya dengan menggunakan engine grafis yang sama seperti PES 16 dan juga di dalam gim Metal Gear Solid 5: The Pantom Pain yang bernama FOX engine.

Baik EA Sports dan Konami menjanjikan kulitas grafis yang luar biasa dan lebih nyata ketimbang seri sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perihal Lisensi dan Grafis

3. Lisensi
Mengusung nama FIFA, FIFA 17 memiliki keunggulan dalam hal lisensi nama tim dan nama pebola dunia. Namun, PES 17 pun tidak ingin kalah dengan seri FIFA seperti tahun-tahun sebelumnya.

Resmi menggandeng Arsenal, Liverpool, Borussia Dortmund, dan Atletico Madrid, kedua tim pun akan tampil dengan nama pemain dan tim yang sesuai dengan di dunia nyata.

Menampilkan tim FC Barcelona sebagai cover gimnya tahun ini, kamu akan bisa memainkan Messi dan beberapa pebola ternama yang pernah bermain di Barcelona seperti Rivaldo, Ronaldinho, Xavi, dkk di modus MyClub.

FIFA 17 pun tak ingin kalah dengan langsung menggandeng tim ternama Premiere League yakni Manchester United.

Tak hanya mendapatkan akses eksklusif ke pemain setan merah, MU pun akan tampil sebagai di modus single-player EA, The Journey. Dalam modus baru ini, pemain akan mengikuti geliat pebola muda yang ingin untuk bermain di Premiere League.

4. Gameplay
Baik FIFA 17 dan PES 17 menampilkan gameplay yang unik dan berbeda satu sama lain. Dari gameplay demo yang ada saat ini, EA Sports meningkatkan berbagai hal mulai dari AI lawan, pola serangan dan pertahanan, dan kendali bola yang lebih sempurna dari seri sebelumnya.

Saat mengambil bola mati, kamu akan mengendalikan bagaimana pemain bergerak mendekati bola dan bersiap menendang bola. Sudut kamera pun kini lebih memudahkan pemain untuk melihat arah bola ditendang.

Lalu bagaimana dengan PES 17? Seperti FIFA 17, Konami pun tampilkan berbagai fitur baru di dalam gim. Peningkatan pertama yang tampak dalam PES 17 adalah AI kiper yang lebih baik dari sebelumnya. Kali ini, kiper menampilkan skill yang fantastis dan "sesuai" dengan kemampuan mereka di dunia nyata.

Ambil contoh adalah kiper Tottenham Hugo Lloris yang berbakat dengan penyelamatan bola tinggi, sementara kiper Bayern Munich, Manual Neuer memiliki tendangan yang keras dan tangan yang kuat seperti di dunia nyata.

Tak hanya itu, PES 17 pun menampilkan fitur gameplay baru yang bernama Adaptive AI. Sesuai dengan namanya, tim lawan akan beradaptasi dengan gaya permainan kamu setiap kali bertanding. Dengan fitur baru ini, Konami berharap pemain setia PES 17 akan lebih tertantang dan tak cepat bosan.

3 dari 3 halaman

Fitur Main Bersama Teman

5. Multiplayer
Fitur online terbukti masalah besar di PES 2016. Salah satu masalah terbesar yang harus dihadapi pemain PES 2016 adalah koneksi yang sering terputus atau pun nge-lag.

Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, Konami memperkenalkan myClub di PES 2017. Tak hanya itu, Konami pun menampilkan perangkat analis pemain yang baru. Dengan ini, kamu bisa mempelajari peta kekuatan dan kelemahan tim kamu.

Lalu bagaimana dengan FIFA 17? Mendominasi dalam fitur yang bernama Ultimate Team, modus ini akan menjadi salah satu keunggulan seri terbaru FIFA ini.

So, siapa yang akan tampil sebagai jawara gim sepak bola di 2016 ini?

(Ysl/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini