Sukses

5 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui sebelum Membeli PS4 Pro

Sony akhirnya secara resmi mengumumkan konsol terbarunya PlayStation 4 (PS4) Pro. Ketahui 5 hal ini sebelum kamu membelinya.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbulan-bulan hanya beredar kabar burung dan isu belaka, Sony akhirnya secara resmi mengumumkan konsol terbarunya PlayStation 4 (PS4) Pro.

Walau ternyata Sony bukan merilis PlayStation 5, konsol teranyar milik perusahaan asal Jepang ini memiliki performa lebih oke ketimbang konsol baru Microsoft yaitu Xbox One S.

Meluncur di pasaran pada 10 November 2016 mendatang, PS4 Pro merupakan konsol yang tepat buat kamu, kalau kamu mau mengganti konsol PS4 versi 2013 milik kamu.

Sebelum membelinya, ada baiknya kamu mengetahui detail menarik tentang konsol terbaru milik Sony yang tim Tekno Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber ini. Simak penjelasan lengkapnya.

1. PS4 yang lebih kuat dari versi pertamanya

PS4 Pro bukanlah konsol generasi berikutnya yang menampilkan update besar-besaran di sektor hardware. Pun demikian, tiga tahun merupakan waktu yang lama untuk membuat sebuah perubahan dalam hal teknologi yang tersematkan di konsol terbaru milik Sony ini.

Dengan menggunakan GPU baru, konsol ini mampu menampilkan grafis luar biasa. Seperti yang didemonstrasikan di ajang PlayStation Meeting beberapa waktu lalu, karakter di gim yang dimainkan di PS4 Pro terlihat lebih baik dengan frame rate lebih mulus.

Maka dari itu, tidak berlebihan rasanya bila kita mengatakan, PS4 Pro makin mendekati kemampuan olah grafis yang dimilik gaming PC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Resolusi 4K

2. Dukungan Resolusi 4K
Sempat menjadi bahan pembicaraan banyak gamers bahwa konsol terbaru Sony ini tak akan mampu menjalankan gim dengan resolusi 4K. Seakan menepis kabar tersebut, Sony mendemonstrasikan gim Spider-Man dan Deus Ex: Mankind Divided dengan resolusi 4K.

Bahkan, tak hanya mengandalkan dukungan resolusi 4K, PS4 Pro pun tampil dengan fitur HDR (High Dynamic Range) untuk memberikan tampilan cahaya yang lebih mirip dengan di dunia nyata.

Uniknya, HDR tidak akan menjadi fitur eksklusif di PS4 Pro saja. Sony berjanji akan meluncurkan software update yang akan mengaktifkan fitur HDR di seluruh konsol PS4 yang sudah diluncurkan sejak 2013 lalu. Sayangnya, drive PS4 Pro masih belum mendukung keping gim 4K blu-ray.

3. Koleksi Gim Lama Tetap Aman!

Hanya karena PS 4 Pro mendukung resolusi 4K, bukan berarti kamu sudah tidak bisa memainkan koleksi gim lama yang sudah dimiliki. Baik gim dalam bentuk kepingan atau digital, kamu tetap akan bisa memainkannya di PS4 Pro.

Mengingat sejumlah judul gim besar seperti Call of Duty: Infinite Warfare, Battlefield 1, FIFA 17, dan lainnya akan diluncurkan, dapat dipastikan gim-gim baru tersebut akan dibuat secara khusus untuk mengoptimalkan kemampuan hardware PS4 Pro.

3 dari 3 halaman

PlayStation VR dijamin lancar

4. Kompatibilitas dengan PlayStation VR

Seperti yang kamu ketahui, bulan depan Sony akan meluncurkan virtual reality headset pertamanya yakni PlayStation VR.

Sejak diumumkan, banyak gamers khawatir apakah perangkat VR baru milik Sony tersebut akan berjalan mulus di konsol PS4 seri awal, mengingat VR headset lain seperti Oculus Rift dan HTC Vive membutuhkan PC dengan hardware kelas atas untuk digunakan.

Dengan diluncurkannya PS4 Pro, Sony mengklaim pengguna PlayStation VR akan mampu menikmati pengalaman dunia virtual yang luar biasa dan menakjubkan.

5. Bukan Pengganti PS4

Walau PS4 Pro hadir dengan kemampuan hardware kelas atas dan lebih unggul dari seri lama, Sony tak akan menelantarkan konsol PS4 versi awal. Malahan, Sony ingin memberikan kesempatan kepada konsumen untuk memilih konsol mana yang lebih sesuai dengan diri mereka.

Kalau kamu ingin sebuah konsol dengan kemampuan dan detail grafis tajam, PS4 Pro adalah pilihan pas buat kamu. Namun, kalau kamu ingin mencari sebuah konsol untuk bermain yang tak terlalu mementingkan kualitas grafis tinggi, PS4 model lama pun sebetulnya sudah cukup.

Bahkan, Sony juga baru saja mengumumkan konsol PS4 baru dengan bentuk lebih ramping dan harga lebih terjangkau. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PS4 Pro baru akan dijual di pasaran pada 10 November 2016 mendatang dengan banderol US$399 atau sekitar Rp 5,1 jutaan.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini