Sukses

Genjot Smartphone Premium, Asus Tantang Samsung

Asus akhirnya menggarap produk smartphone di segmen premium dan membidik Galaxy S7 dan Note 7 sebagai kompetitor utama.

Liputan6.com, Nusa Dua - Asus melalui seri ZenFone 3 kian serius memasuki pasar smartphone premium. Berbekal produk terbarunya itu, Asus membidik produk flagship Samsung, Galaxy S7 dan Note 7, sebagai kompetitor utama.

Lima varian ZenFone 3 telah tersedia di pasar Indonesia dan harga dengan rentang harga mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 11 jutaan. Ini kali pertama Asus menjual smartphone dengan harga di atas Rp 5 juta.

Diungkapkan Country Product Group Leader Asus Indonesia, Juliana Chen, selama ini smartphone Asus yang paling mahal adalah seri ZenFone 2 dengan harga Rp 4,5 juta. Karena itu, Asus melihat masih ada peluang bagi perusahaan untuk "mencicipi kue" di segmen smartphone premium.

Seri ZenFone 3 yang dijual di atas harga Rp 5 juta adalah ZenFone 3 Ultra dan ZenFone 3 Deluxe. Masing-masing dibanderol Rp 8.009.000 dan Rp 9.099.000. Bahkan versi Special Edition ZenFone 3 Deluxe dipatok Rp 11.099.000.

Harga jual Rp 11 juta, kata Juliana, tidak terlalu mahal jika melihat segmen pasar smartphone tersebut. Menurut dia, konsumen masih tetap memiliki kebebasan memilih produk mengingat banyaknya varian ZenFone yang diluncurkan.

"Produk kami tidak terlalu mahal, targetnya jelas. Karena istilah kata, kami sekarang ini ingin membidik S7 dan Note 7. Kalau mereka bisa, kenapa kami juga tidak kesana?," tuturnya di acara Zenvolution di Nusa Dua, Bali Kamis (8/9/2016).

Segmen produk Rp 5 juta ke atas hanya memiliki pangsa pasar 15 persen. Meski pangsanya tidak besar, bukan berarti perusahaan tidak tertarik mencoba segmen tersebut. 

"Memang pangsa pasarnya tidak besar di Indonesia, tapi 15 persen itu kan angka. Kami ingin juga mengambil pangsa pasarnya," ungkapnya.

(Din/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.