Sukses

Terungkap, Ini Kapasitas RAM pada iPhone 7 Plus

Meski tak pernah memberikan informasi spesifikasi lengkap, informasi dari GeekBench setidaknya berhasil mengungkap RAM di iPhone 7 Plus.

Liputan6.com, Jakarta - Tak seperti beberapa vendor smartphone lain yang kerap mengungkap spesifikasi lengkap produknya, Apple memilih cara berbeda. Perusahaan itu jarang mengungkap spesifikasi internal perangkatnya.

Selain baterai, komponen  yang lain yang tak pernah diungkap perusahaan asal Cupertino itu adalah RAM. Karenanya, tak sedikit pihak yang mempertanyakan berapa RAM yang sebenarnya digunakan untuk sebuah perangkat iPhone.

Namun baru-baru ini pertanyaan itu berhasil terjawab, setidaknya untuk iPhone 7 Plus 7 Plus. Informasi ini diketahui setelah pengujian yang dilakukan melalui situs GeekBench dan didukung dokumen TENAA.

Dikutip dari laman Phone Arena, Jumat (9/9/2016), iPhone 7 Plus dikonfirmasi merupakan iPhone pertama yang memiliki RAM 3GB. Hal ini berbeda dari seri iPhone sebelumnya yang hanya memakai RAM 2GB.

Penggunaan RAM 3GB disebut untuk membuat performa iPhone 7 Plus lebih mulus. Terlebih, ponsel anyar itu dibekali dua kamera utama yang tentu membutuhkan RAM lebih besar untuk memproses gambar.

Meskipun terlihat kecil jika dibandingkan ponsel Android di pasaran saat ini yang bahkan memiliki RAM sampai 6GB, iPhone disebut tetap memiliki performa yang tak kalah dibanding kompetitor.

Hal itu dimungkinkan sebab iOS, sistem operasi yang sudah dioptimisasi sehingga tak membutuhkan RAM berukuran besar untuk membuatnya bisa berjalan maksimal.

RAM 3GB di iPhone 7 Plus juga didukung dengan chipset A10 yang memiliki empat inti. Dua inti digunakan untuk kebutuhan ringan, sedangkan dua inti lagi dipakai untuk performa tinggi dan berjalan lebih cepat 40 persen dari A9.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini