Sukses

5 Masalah Mengganggu yang Sering Muncul di iPhone

Apakah lima masalah ini juga sering kamu alami pada perangkat iPhone kesayanganmu?

Liputan6.com, Cupertino - Semakin tinggi harga smartphone dibanderol, semakin besar pula kualitas dan performa yang bisa kita rasakan.

Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku di perangkat iPhone. Meski dipatok harga selangit, ada saja masalah kecil yang muncul secara tiba-tiba.

Lebih menjengkelkan lagi, masalah tersebut bisa hadir setiap hari.

Nah, dari banyaknya isu yang muncul di perangkat iPhone, ada 5 masalah yang dinilai paling menganggu. Merangkum beberapa sumber, berikut paparan masalah yang sering dialami pengguna iPhone. Simak ulasannya.

1. Sinyal Lemah


Tak sedikit pengguna iPhone mengeluhkan perkara sinyal yang begitu lemah. Sebetulnya, ini bukan salah operator, melainkan dari cara pengguna memakai perangkat iPhone dengan benar.


Seperti diketahui, cara menggunakan iPhone sebetulnya harus mengikuti prosedur yang benar. Jika kamu menggunakan iPhone 6 ke atas (yang memiliki garis panel antena di belakang smartphone), usahakan jangan menutupi garis tersebut saat menelepon. Jika tidak, maka sinyal pun akan terganggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kabel Sering Rusak

2. Kabel Mudah Rusak


Sudah jadi rahasia umum, permasalahan yang sering dialami para pengguna iPhone adalah kabel yang mudah rusak. Diungkap, agar kabel charger lebih tipis, ringan, dan gampang digulung, Apple membuat kabel iPhone dari material karet.

Nah, karet pun punya kelemahan. Material ini gampang terkelupas bahkan jika terkena kuku sekalipun.

Saking begitu fleksibel, saat pengguna menggulung kabel terlalu ketat, lapisan di bagian dekat ujung kabel akan menjadi tegang. Jika kerap terjadi berulang kali, lapisan tersebut akan patah dan terkoyak.

3 dari 5 halaman

Perangkat Gampang Tergores

3. Mudah Tergores


Layaknya perangkat Mac yang mudah terkoyak, material iPhone yang terbuat dari aluminium ternyata mudah tergores.

Parahnya, goresan yang paling terlihat adalah di logo Apple. Jadi, untuk mengantisipasi perangkat iPhone kamu bebas dari goresan, disarankan untuk menggunakan casing pelindung tambahan atau tidak menaruhnya di sembarang tempat.

4 dari 5 halaman

Baterai Cepat Habis

4. Baterai Cepat Habis

Masalah lain yang kerap ditemui pengguna iPhone adalah baterai yang cepat habis. Ada banyak penyebab mengapa daya baterai smartphone besutan Apple ini bisa cepat tersedot.

Salah satunya adalah "masa hidup" atau lifetime baterai. Sebetulnya, ada beberapa cara untuk mengakali ini, di antaranya adalah tidak menggunakan kabel charger bukan keluaran Apple saat kamu mengisi daya baterai iPhone-mu. Hal tersebut diketahui akan memperpendek umur baterai.


Selain itu, jangan isi daya baterai iPhone kamu di bawah 20 persen. Alangkah baiknya jika kamu selalu mengisi baterai iPhone, ketika persentasenya menunjukkan angka 21-28 persen. Itulah saat yang pas untuk mengisi daya baterai iPhone.

Jika kamu mengisi iPhone di bawah kondisi 20 persen (atau bahkan mengisi dayanya saat kondisi baterai 5 persen ke bawah), sebetulnya boleh-boleh saja. Namun hal ini (lagi-lagi) akan memengaruhi umur baterai iPhone.

Sebetulnya kamu juga bisa mengantisipasi hal ini dengan mengaktifkan fitur "Low Power Mode". Fitur ini dipercaya bisa memperlama durasi bateraimu ketika lowbatt dengan menonaktifkan beberapa fitur lain dan aplikasi yang tengah running.

5 dari 5 halaman

Download/Update Lelet

5. Pengunduhan/Update Aplikasi Lelet



Seringkali pengguna iPhone mengalami masalah di mana mengunduh atau meng-update aplikasi lewat App Store sangat lama.

Yang paling sering terlihat adalaah ikon loading yang lama berputar. Sebetulnya, ada cara sederhana untuk memperbaiki masalah ini. Kamu bisa melakukan Force Restart, mematikan Low Power Mode atau pun melakukan Reset Network Settings.

Namun, jika beberapa cara di atas masih tidak bisa memperbaiki masalah gagal mengunduh update aplikasi dari App Store, silakan restore perangkat iPhone via iTunes.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.