Sukses

Pembuat Replika Makanan Takizo Iwasaki Nongol di Google Doodle

Hari ini, Senin (12/9/2016), pembuat replika makanan Takizo Iwasaki menjadi Google Doodle.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin (12/9/2016), laman utama mesin pencari Google menampilkan gambar-gambar (doodle) makanan untuk mengenang Takizo Iwasaki yang hari ini tepat berusia 121 tahun.

Siapa dia? Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari CNET, pria asal Jepang ini terkenal berkat penemuannya dalam membuat replika makanan dengan menggunakan bahan plastik atau lilin.

Pembuatan makanan tiruan ini dilakukan Iwasaki sejak 1917 di Gujo Hachiman. Adapun sejak 1930-an, replika makanan pun mulai digunakan untuk ditampilkan di berbagai restoran.

Diungkapkan, Iwasaki mampu membuat sebuah replika omelet hampir mirip aslinya, hingga istrinya tak dapat mengenali apakah itu makanan asli atau palsu.

Takizo Iwasaki melebarkan kemampuannya di bisnis replika makanan dengan mendirikan perusahaan bernama Iwasaki Works di Osaka pada 1932.

Perlu diketahui, seni pembuatan replika makanan atau sampuru (dalam bahasa Jepang) telah berlangsung selama lebih dari satu dekade lamanya di Jepang.

(Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.