Sukses

Kreator Warcraft dan Diablo Resmi Pensiun

Chris Metzen, kreator gim Warcraft dan Diablo mengumumkan pengunduran dirinya secara internal kepada karyawan Blizzard. Apa alasannya?

Liputan6.com, California - Kabar mengejutkan datang dari Blizzard Entertainment. Salah satu punggawa pengembang gim kenamaan tersebut, Chris Metzen, dikabarkan akan pensiun.

Metzen, yang memegang posisi Senior VP Story dan Franchise Development, membenarkan dirinya memang akan keluar dari industri gim.

Sekadar informasi, Metzen dikenal sebagai kreator gim-gim besutan Blizzard yang mendunia. Sebut saja Warcraft, Diablo, dan juga StarCraft.

Dikutip dari Gamespot via Business Insider, Selasa (13/9/2016), pengunduran diri Metzen diumumkan secara internal kepada karyawan Blizzard pada Senin (12/9/2016) kemarin.

Ia diketahui telah bekerja di Blizzard selama 23 tahun. Ia pun tumbuh bersama Blizzard yang tadinya hanya sebuah startup kecil dan kini menjadi penerbit dan pengembang gim terbesar di dunia.

Sayang, Metzen tidak mengungkap alasan mengapa ia harus pensiun secepat itu. Padahal usianya baru 42 tahun--tidak terlalu tua.

Pada 1996, Metzen menggarap Diablo dengan Bill Roper, salah satu rekannya kala itu di Blizzard. Setelah sukses, ia melanjutkan penggarapan seri gim terbaru yang ia namai Warcraft. Lalu pada 1998, Roper berperan sebagai lead designer bersama Metzen, menggarap gim space strategy yaitu StarCraft.

Barulah pada 2002, karir Metzen menanjak tinggi. Ia didapuk menjadi Creative Director untuk beberapa seri gim buatan Blizzard dan berkontribusi sebagai penulis naskah dan artwork untuk World of Warcraft. Untuk film terbaru Warcraft, ia memegang posisi konsultan bagi sang sutradara Duncan Jones.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.