Sukses

iOS 10 Resmi Meluncur, iMessage Makin Kaya Dengan 5 Fitur Ini

Sejalan dengan meluncurnya iOS 10 yang Apple perkenalkan dini hari ini, aplikasi iMessage andalannya lebih terlihat lebih manis.

Liputan6.com, Cupertino - Apple akhirnya secara resmi meluncurkan update iOS terbesar mereka lewat iOS 10. Dapat diunduh untuk berbagai perangkat yang kompatibel seperti iPhone, iPod Touch, dan iPad, perubahan paling terasa di iOS 10 adalah iMessages.

Tampil sebagai salah satu aplikasi olah pesan yang paling jarang dipakai oleh pengguna iOS, Apple merombak habis-habisan aplikasi tersebut.

Kini, tak hanya mendukung GIF semata, iMessages juga mendukung stiker, animasi, dan gim (game).

Seluruh fitur ini dapat kamu unduh melalui App Store, khusus yang ada di dalam aplikasi iMessages.

Fitur baru apa saja yang Apple sematkan di dalam iMessages? Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut adalah penjabarannya.

1. Emoji

Walau bukan fitur baru di iMessages, Apple perkenalkan fitur unik penggunaan emoji saat berkirim pesan. Kini, kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari emoji yang ingin digunakan.

Tampilan emoji yang lebih besar. (Liputan6.com/Yuslianson)Cukup ketik pesan apa yang ingin dikirim, lalu tap tombol emoji (ikon bola dunia) di keyboard. Jika diperhatikan, beberapa kata akan berubah warna menjadi kuning. Tap kata tersebut untuk merubahnya menjadi emoji.

Cukup mudah, bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doodle dan Gim

2. Doodles dan Sketsa

Doodles dan sketsa bikin kirim pesan lebih seru. (Liputan6.com/Yuslianson)
Tak hanya tampil di Apple Watch, kali ini Apple juga menyertakan fitur ini ke dalam iMessages. Dengan ini, kamu bisa berkirim pesan dengan menarik dan lucu.

Untuk mengakses fitur ini, kamu bisa menekan ikon hati yang ada di samping ikon App Store dan kamera.

Saat ditekan, maka akan muncul sebuah tampilan muka baru yang memungkinkan kamu untuk membuat doodle, animasi hingga video dan foto seperti layaknya di aplikasi Snapchat.

3. Main Gim

Tak hanya berkirim pesan, main gim pun bisa dilakukan di iMessage. (Liputan6.com/Yuslianson)
Seperti disebutkan sebelumnya, gim merupakan salah satu fitur besar yang Apple sertakan di dalam iMessages terbarunya ini.

Kini, kamu dengan teman dapat bermain gim bersama. Seperti stiker dan aplikasi pihak ketiga lainnya, gim dapat kamu unduh melalui App Store yang ada di dalam iMessages.

Sejak iOS 10 resmi diumumkan, sudah ada 10 gim menarik dan seru yang sudah bisa kamu unduh dan mainkan via iMessages.

3 dari 3 halaman

Share dan Animasi

4. Berbagi Lagu dan Link

Kamu pun bisa share link lagu dan link berita yang menarik. (Liputan6.com/Yuslianson)
Suka berbagai link laman situs kepada teman kamu? Kini tampilan link di iMessage akan terlihat lebih baik ketimbang iMessage versi sebelumnya.

Tak hanya link, kamu juga bisa share lagu apa yang sedang kamu dengarkan di Apple Music. Juga, teman kamu pun bisa ikutan mendengarkan lagu kiriman kamu dengan mengunduhnya di Apple Music.

5. Tunjukkan Kreativitasmu

iMessage di iOS 10 terlihat lebih menarik. (Liputan6.com/Yuslianson)
Fitur terakhir iMessage yang menarik dan unik lainnya adalah dengan menambahkan animasi ke seluruh pesan yang ingin kamu kirim.

Selain itu, kamu pun bisa memperjelas pesan tertentu dengan pilihan font yang lebih besar atau menggunakan "invinsible ink" yang membutuhkan penerima pesan untuk men-swipe jari di atas pesan untuk mengetahui isinya.

Kamu pun bisa memberikan reaksi terhadap pesan yang diterima dengan hanya perlu men-tap pesan untuk memunculkan berbagai ikon Like dengan isi pesan atau lainnya.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini