Sukses

Unik, Konsol Nintendo Terkecil di Dunia Dibuat dari Tanah Liat

Selain tanah liat, konsol SNES supermini tersebut juga menggunakan Raspberry Pi dan USB Hub sebagai 'otak'-nya.

Liputan6.com, California - Beberapa waktu lalu, Nintendo mengumumkan kembali merilis konsolnya--Nintendo Entertainment System (NES) Classic Edition--dalam versi pembaharuan desain yang lebih kecil.

Ternyata, ada versi konsol Nintendo yang lebih kecil lagi dari NES Classic Edition. Bahkan, konsol ini disebut-sebut sebagai konsol Nintendo paling kecil di dunia. Uniknya lagi, konsol tersebut dibuat dari material clay atau tanah liat!

Adalah Hugo Dorison, seorang gamer yang membuat konsol Nintendo tersebut dalam ukuran micro.

Ia menyebutkan, konsol ini berfungsi sebagai emulator Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Di channel YouTube-nya yang bernama 'lyberty5', Hugo memamerkan konsol Nintendo mininya yang tampil lebih kecil ketimbang gamepad SNES itu sendiri.

Meski begitu, sebagaimana dilansir laman Motherboard, Kamis (15/9/2016), konsol buatan ini diklaim dapat memainkan sejumlah gim populer, seperti Super Mario dan Duke Nukem. "Saya menggunakan USB Hub dan Raspberry Pi untuk bisa menyalakan konsol ini," kata Hugo.

Sekilas jika dilihat, bentuk konsol SNES mini ini tampil menyerupai konsol SNES yang asli. Hanya saja, Hugo mengungkapkan, konsol mini ini akan tampak lebih detail jika dibuat lewat teknologi printing 3D.

Nintendo sendiri sebetulnya merilis NES Classic Edition pada Juli 2016 lalu. Menariknya, konsol NES Classic Edition ini sudah dibundel dengan 30 judul gim klasik di mana para pemainnya tak perlu lagi repot menggunakan kartrid (cartridge) untuk bermain gim.



(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.