Sukses

6 Smartphone Berkamera Ganda Mulai Rp 2,5 Jutaan

Setidaknya ada 6 smartphone berkamera ganda di pasar resmi Indonesia. Harganya mulai Rp 2,5 jutaan saja!

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone berkamera ganda tengah menjadi tren saat ini. Di pasar global, smartphone berkamera ganda sebetulnya sudah cukup banyak, sekitar belasan mungkin.

Namun tentu saja, tidak semua smartphone tersebut melantai di pasar Indonesia, kecuali masuk melalui jalur distributor tidak resmi, misalnya.

Di artikel ini, Tekno Liputan6.com merangkum smartphone berkamera ganda yang hadir secara resmi di pasar Indonesia.

Menurut amatan kami, setidaknya ada enam (6) smartphone berkamera ganda di pasar resmi Indonesia. Apa saja keenam smartphone tersebut, simak rangkumannya berikut ini.

1. HTC One M8
Image result for htc one m8
Meluncur di Indonesia pada kuartal pertama 2014, HTC One M8 menggunakan bodi full metal. Desain unibodinya ergonomis, sehingga tampak kokoh dan terkesan premium berkat bezel tipis. 

Di sektor dapur pacu, HTC mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 801 dan RAM 2GB. Luas layarnya 5 inci dan telah mendukung resolusi full-HD yang didukung Gorilla Glass 3. Ada dua versi memori internal yaitu 16 dan 32 GB. Kapasitas itu masih dapat ditambah via kartu micro-SD hingga 128 GB.

Soal kamera, HTC patut berbangga hati. Sebab, HTC One M8 menjadi smartphone pertama di dunia yang mempunyai Dual Camera bersama teknologi UltraPixel inovatif milik HTC. Kameranya telah dilengkapi flash ganda, serta kemampuan perekaman video full-HD.

Adapun kamera sekundernya beresolusi 5 MP. Semua performa HTC One M8 ditopang oleh baterai berkapasitas 2600 mAH, yang telah dibekali teknologi fast charging. 

Harga: Mulai dari Rp 2,5 jutaan di Bukalapak

2. Lenovo Vibe S1

Dirilis di Indonesia pada kuartal keempat 2016, Lenovo Vibe S1 sangat cocok bagi mereka yang suka swafoto (selfie). Ya, Lenovo menyematkan kamera ganda di bagian depan Lenovo Vibe S1. Kamera pertama beresolusi 8MP dan kamera kedua beresolusi 2MP.

Kamera pertama berfungsi untuk memotret foto paling tajam, sedangkan kamera kedua menganalisis kedalaman dari area informasi, seperti meniru cara kerja penglihatan binocular manusia. Kedua kamera bekerja secara bersamaan.

Setelah melakukan selfie dengan kedua kamera, ada berbagai opsi untuk memodifikasi hasilnya dengan memilih sejumlah tool penyuntingan yang tersedia.

Lenovo Vibe S1 memiliki layar 5 inci beresolusi 1080 full-HD. Soal hardware, handset ini telah dipersenjatai chipset 1,7 GHz MediaTek, RAM 3GB, dan memori internal 32 GB. Spesifikasi lainnya adalah kamera belakang 13MP, koneksi LTE, dan baterai 2.500 mAh.

Harga: Mulai dari Rp 2,4 jutaan di Bukalapak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

LG

3. LG G5 SE

Smartphone berkamera ganda berikutnya adalah LG G5 SE. LG menyematkan dua lensa kamera utama dan dua lampu kilat di bodi belakang. Satu lensa kamera normal beresolusi 16 MP dan satu lensa kamera dengan sudut selebar 135˚(wide angle lens) beresolusi 8 MP. Adapun kamera depannya beresolusi 8 MP.

Jeroan dari LG G5 SE adalah LG G5 SE Qualcomm Snapdragon 652, RAM 3GB, dan memori internal 32GB yang bisa ditambah hingga 2TB dengan kartu memori. Layarnya seluas 5,3 inci QHD (2560 x 1440 piksel).

Yang paling menarik dari LG G5 SE adalah konsep modular yang diusungnya. Dengan konsep ini, kamu dapat memberi sentuhan modifikasi di LG G5 SE. Misalnya, mengubahnya menjadi kamera saku dengan LG Cam Plus, atau memasangkannya ke LG Hi-Fi Plus. 

Di samping itu, ada juga beberapa LG Friends lainnya semisal LG 360 Cam, LG Tone Platinum, LG 360 VR, dan LG Rolling Bot. 

Kembali ke kamera, fitur kamera LG G5 SE cukup banyak. Di antara banyak fitur yang ditawarkan LG G5 SE, autofocus merupakan yang terbaik menurut kami berkat kemampuannya menangkap fokus objek secara cepat dan akurat.

Kemudian LED flash di LG G5 SE terbilang membantu ketika hendak mengambil foto di kondisi lowlight. Detail warna yang dihasilkan tidak berlebihan, cukup natural.

[LG G5 SE pernah kami uji sebelumnya, klik tautan ini untuk melihat hasil pengujian kami]

Harga: Rp 7 jutaan di Erafone.com

3 dari 5 halaman

LG



4. LG X Cam
LGK580DSZ
Dari namanya pun sudah bisa ditebak bahwa senjata andalan LG X Cam adalah kamera. Dua kamera utama LG X Cam masing-masing beresolusi 13MP dan 5MP. Angle normal hasil bidikan kamera 13MP adalah 78°, sedangkan angle hasil bidikan kamera 5MP adalah 120° (wide angle).

Spesifikasi utamanya proseor 1,14GHz octa-core, RAM 2GB, dan memori internal 16GB yang dapat ditingkatkan hingga 2TB. Layarnya seluas 5.2 inci beresolusi full-HD. Adapun kamera depannya beresolusi 8MP. Kapasitas baterainya 2,520mAh. 

Harga: Rp 3 jutaan di Erafone.com

4 dari 5 halaman

Huawei

5. Huawei P9 


Huawei P9 sebetulnya belum melantai di pasar Indonesia. Namun menurut pantauan kami di situs web Dirjen Postel Kemenkominfo, permohonan Huawei P9 sudah diajukan oleh PT Huawei Tech Investment. 

Mengusung layar 5,2 inci, Huawei P9 ditenagai oleh chipset Kirin 955 octa core. Chipset yang dipadukan dengan RAM sebesar 3GB ini dibekali teknologi Image Signal Processor (ISP). Untuk kapasitas ruang penyimpanan, Huawei menyediakan ruang penyimpanan internal seluas 32GB. 

Huawei P9 dibekali lensa kamera ganda; satu kamera monochrome dan satu kamera color. Resolusinya 12 MP dengan bukaan lensa f/0.95. Sementara kamera depannya beresolusi 8 MP. 

Di sektor baterai, Huawei sudah menyematkan teknologi pengisian cepat untuk baterai berkapasitas 3.000 mAh melalui soket USB-Type C. Teknologi pengisian daya ini diklaim 180 persen lebih cepat daripada iPhone 6s. Misalnya, hanya dalam 10 menit pengisian, kapasitas baterai Huawei P9 bisa digunaka untuk talk time 5 jam.

5 dari 5 halaman

iPhone

6. iPhone 7 Plus

Fitur kamera ganda di iPhone 7 Plus terdiri dari kamera wide-angle dan telephoto beresolusi 12MP, sedangkan kamera depannya beresolusi 7MP.

Soal dapur pacu, iPhone 7 Plus diperkuat chip A10. RAM iPhone 7 Plus sudah 3 GB, yang diklaim 50 persen lebih cepat daripada iPhone 6s dan 6s Plus. Fitur baru lainnya adalah sertifikasi IP67 (waterproof dan dustproof). 

Ada tiga opsi kapasitas penyimpanan yaitu 32GB, 128GB dan 256GB. Mengenai harga, Apple mematok mulai dari US$ 769 (setara dengan Rp 10 jutaan).

Sama seperti Huawei P9, iPhone 7 Plus sebetulnya belum beredar di pasar Indonesia. namun permohonan sertifikat iPhone 7 Plus sudah diajukan oleh PT Apple Indonesia.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini