Sukses

Tips Kembalikan Kontak Hilang di Android

Kehilangan kontak di smartphone memang mengesalkan, berikut sejumlah tips kembalikan kontak di Android kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Kontak orang terdekat maupun kolega adalah hal paling penting pada perangkat Android kamu. Bagaimana tidak, saat kontak hilang pastinya kamu akan mengalami kesulitan saat menghubungi orang tersebut.

Lantas apa yang harus dilakukan jika kontak di smartphone Android kamu hilang? Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Android Pit, Senin (19/9/2016), berikut adalah sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kontak kamu.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memastikan bahwa semua kontak kamu ditampilkan, tak ada yang tersembunyi. Bagaimana caranya?

1. Buka Contact list pada Android kamu
2. Tap pada menu (sebagian smartphone menggunakan tiga titik sebagai simbol menu yang ada di kanan atas layar ponsel. Sedangkan sebagian lain, menu tersedia di kanan atas layar ponsel dengan tulisan 'more')
3. Pilih Setting, kemudian tap pada pilihan Contact
4. Kemudian, pilih pada Contact to display
Cara mengembalikan kontak yang hilang di Android (Sumber: Screenshoot)5. Pada pilihan Contact to display, kamu bisa memiliki kontak mana saja yang akan ditampilkan. Apakah kontak yang tersimpan di ponsel, simcard, aplikasi, maupun email. Untuk menampilkan seluruh kontak yang tersembunyi, tap pada pilihan All contact. Maka, seluruh kontak yang tersimpan akan muncul pada Contact list alias Daftar kontak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembalikan Kontak Lewat Akun Gmail

Lalu bagaimana bila hal di atas sudah kamu lakukan namun seluruh kontak tidak muncul juga? Tenang, masih ada cara lainnya. Cara tersebut adalah dengan mengambil kontak yang pernah kamu simpan ke akun Gmail.

Sekadar informasi, akun Gmail sebenarnya memiliki fitur yang dapat menyimpan kontak yang pernah kamu simpan di Android.

Namun ada syaratnya. Kamu harus menyalakan fitue sinkronisasi di perangkat Android kamu ke akun Gmail. Jika tidak, fitur ini tak akan berfungsi.
Mengembalikan kontak yang hilang pada Android dengan bantuan akun Gmail (Sumber: Screenshoot)
Nah, kemampuan inilah yang memungkinkan Gmail bisa mendapatkan kembali kontak-kontak yang pernah disimpan.

Untuk mendapatkan kembali kontak dengan cara ini, masuk ke inbox Gmail melalui komputer. Kemudian, pada sisi kiri atas layar, pilih Gmail kemudian pilih menu Contact.

Lalu, kamu bisa melihat dropdown menu di bawah bar pencarian bertuliskan More. Klik More dan pilih Restore contacts (Pulihkan kontak).

Di sana, kamu akan menemukan pilihan ingin menyimpan kontak yang pernah kamu simpan sejak 10 menit lalu, 1 jam lalu, kemarin, 1 minggu lalu, hingga maksimal 30 hari lalu.

Mengembalikan kontak yang hilang pada Android dengan bantuan akun Gmail (Sumber: Screenshoot)
Seluruh kontak yang telah tersimpan sebelum waktu di atas masih bisa dipulihkan. Namun kamu perlu berhati-hati, jika kamu menambahkan kontak setelah waktu tersebut, maka kontaknya bakal hilang.

Jika telah selesai menentukan pilihan, kamu hanya tinggal memilih Resync atau sinkronisasi ulang perangkat Android-mu.

Cara lain yang dapat dilakukan dengan mem-backup data pada perangkat Android. Backup bisa dilakukan dengan bantuan akun Google.

Caranya dengan masuk ke Setting ponsel kemudian tap pada Backup and reset. Maka seluruh data dan kontak pada perangkat Android pun akan tersimpan pada akun Google. 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.