Sukses

Selain Megapixel, Ketahui 4 Bagian Penting dari Kamera Smartphone

Kebanyakan orang hanya fokus pada ukuran megapixel kamera, padahal ada hal lain yang harus diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membahas kamera smartphone sudah pasti kita tidak asing dengan yang namanya megapixel. Megapixel merupakan resolusi sebuah foto kamera yang dihitung dari jumlah pixel vertikal x jumlah pixel horizontal berdasarkan aspek rationya.

Ukuran megapixel pada kamera smartphone ternyata masih menjadi pertimbangan bagi kebanyakan orang sebelum membeli sebuah smartphone. Alasannya, semakin besar ukuran megapixelnya maka semakin besar resolusinya. Semakin besar resolusinya, semakin tajam fotonya. Jika resolusinya makin besar maka hasil zoom fotonya juga lebih baik.

Namun, perlu diketahui bahwa jumlah ukuran megapixel sebuah kamera belum tentu menghasilkan foto yang bagus. Kamera Smartphone ukuran 13 MP bisa menghasilkan foto lebih baik dari kamera 21 MP. Dan sebaliknya kamera smartphone dengan ukuran 41 MP belum tentu hasil fotonya sebagus kamera DSLR dengan ukuran 20 MP.

Sebagai penggemar selfie dan foto-foto, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal tentang kamera smartphone selain ukuran megapixelnya. Berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi kualitas kamera smartphone.

1. Sensor Kamera

Sensor merupakan bagian inti dan terdalam pada sebuah kamera. Di dalamnya terdapat jutaan pixel yang berfungsi untuk menangkap jumlah cahaya dan menentukan warna pada foto.

Jadi, semakin besar ukuran sensornya bisa semakin bagus hasil fotonya karena sensor yang lebih besar mampu menangkap lebih banyak cahaya, menghasilkan warna lebih nyata, foto lebih jernih karena sedikit noise. Sensor yang besar juga akan berfungsi dengan baik ketika pencahayaan kurang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lensa dan Aperture

2. Ukuran Pixel

Ukuran pixel pada sebuah sensor kamera merupakan salah satu faktor yang menentukan bagus tidaknya hasil sebuah foto. Ukuran pixel ini ditentukan dengan ukuran micro pixel. Jika pixelnya lebih besar akan dapat memaksimalkan kinerja sensor kamera sehingga menghasilkan foto yang bagus.

3. Lensa Kamera

Selain sensor kamera, kualitas lensa kamera mempengaruhi kejernihan dari sebuah foto, bagaimana cahaya dapat masuk dan sampai pada sensor kamera.

4. Aperture

Aperture adalah bukaan diafragma pada lensa kamera. Biasanya nilai aperture ini ditandai dengan “f/angka”, misalnya f/22, f/11, atau pada smartphone biasanya terdapat di angka f/2.6 hingga f/1.8.

Ukuran aperture menentukan seberapa banyak cahaya yang masuk melalui lensa kamera dan menuju sensor. Perlu diketahui, semakin kecil ukuran aperturenya, semakin besar pembukaannya dan sebaliknya.

Jadi, jika kamu benar-benar menginginkan kamera yang hebat dalam kondisi minim cahaya (low light) tanpa menggunakan bantuan lampu Flash misalnya, maka carilah smartphone dengan angka aperture yang paling rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.