Sukses

Sempat Bermasalah, Adopsi iOS 10 Tetap Meroket

Meski ada kendala saat awal peluncuran, iOS 10 tetap berhasil memikat perhatian para pengguna perangkat iOS.

Liputan6.com, Jakarta Apple telah merilis sistem operasi iOS 10 sejak beberapa hari lalu. Meski ada kendala saat awal peluncuran, ternyata hal tersebut tidak mengurangi keinginan pengguna iDevice untuk menggunakan software baru tersebut.

Dilansir Mashable, Senin (19/9/2016), perusahaan analisis, Mixpanel, memprediksi tingkat adopsi iOS 10 sudah menembus angka 14,8 persen pada 14 September, sehari setelah peluncuran.

Hal ini terbilang cukup tinggi dibandingkan angka adopsi iOS 9 tahun lalu. Sebagai perbandingan, tingkat adopsi iOS 9 pada tahun lalu adalah 12,42 persen dalam 24 jam pertama dan membutuhkan 12 hari untuk mencapai 50 persen.

Meski bukan data resmi, laporan Mixpanel ini disebut bisa memberikan gambaran sebagai kabar baik untuk Apple. Mixpanel memperkirakan iOS 10 akan menguasai 50 persen perangkat iOS pada 25 September, hanya 11 hari setelah peluncurannya.

Sedangkan iOS 9 yang dirilis tahun lalu, saat ini menguasai 80,82 persen dan sisanya oleh OS yang lebih lama sebesar 4,34 persen.

Semua angka di atas cukup berbeda jika dibandingkan dengan Android. Para pengguna perangkat Android dikenal tidak terlalu cepat dalam mengadopsi versi terbaru.

Menurut data Google, Android Marshmallow yang dirilis pada tahun lalu baru ada di 18,7 persen perangkat berbasis "robot hijau" tersebut. Sedangkan adopsi Android Nougat diprediksi masih kurang dari 0,1 persen.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini