Sukses

Konami Pamer Metal Gear Survive, Begini Reaksi Hideo Kojima

Kojima cukup kaget karena Konami bersikeras merilis seri Metal Gear tanpa dirinya.

Liputan6.com, Tokyo - Konami akhirnya memamerkan demo gameplay gim terbarunya Metal Gear Survive di gelaran Tokyo Game Show (TGS) 2016. Metal Gear Survive merupakan seri Metal Gear pertama yang dibesut tanpa Hideo Kojima.

Padahal sosok Kojima dan Metal Gear memang tak terpisahkan. Pria berjuluk 'Bapak Metal Gear' itu berperan penting sebagai kreator dalam penggarapan gim stealth action tersebut.

Mengutip laporan IGN sebagaimana dikutip dari Gamespot, Kamis (22/9/2016), Kojima ternyata sempat melihat demo gameplay Metal Gear Survive. Reaksinya cukup mengejutkan. 

"Saya kaget ini (seri Metal Gear) masih terus berlanjut. Akan tetapi, setelah saya lihat demo gameplay gim itu, tidak ada kaitan dengan Metal Gear besutan saya," tutur Kojima menjelaskan.

"Metal Gear itu adalah gim tentang fiksi politik dan seni spionase. Mengapa harus ada zombie?"

Dilanjutkan oleh Kojima, jika dirinya masih berada di Konami saat proses penggarapan Metal Gear Survive, tentu tidak akan jadi seperti ini. "Metal Gear tidak ada makhluk seperti itu (zombie). Kalau saya masih ada di Konami dan menggarap gim ini, pasti tidak akan jadi seperti itu," ujar ia menambahkan.

Latar waktu dan lokasi Metal Gear Survive terjadi setelah rangkaian event di Metal Gear Solid V: Ground Zeroes dan sebelum Metal Gear Solid V: Phantom Pain. Cerita awalnya, karakter-karakter di universe Metal Gear Solid V diketahui tak sengaja 'pindah' lewat wormhole ke dunia alternatif yang belum pernah mereka eksplorasi.

Dari situlah, para karakter-karakter Metal Gear Survive harus bekerja sama untuk melawan para zombie yang berada di dunia tersebut dan bertahan hidup.

"Karakter di gim ini akan terperangkap di sebuah distorsi dunia baru dalam latar gurun pasir dan dunia militer, serta harus melawan ancaman biologis yang tak akan pernah mereka duga," kata Konami.

Meski Kojima tak turut campur tangan, para gamers secara mengejutkan merespons Metal Gear Survive cukup positif. Hanya saja, mereka menyayangkan Kojima tak ambil andil dalam penggarapan gim ini.

Diketahui, setelah resign dari Konami yang membesarkan dirinya, Kojima sibuk menggarap gim terbarunya bersama developer Kojima Productions dan Sony dengan judul "Death Stranding".

Metal Gear Survive disebut Konami merupakan gim four-player stealth co-op. Rencananya, gim ini akan dirilis untuk XboxOne, PS4 dan PC pada 2016 mendatang.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.