Sukses

VPN Gratis dan Tak Terbatas dari Opera Tersedia untuk Komputer

Dengan peluncuran ini, Opera adalah browser besar pertama yang meluncurkan layanan VPN terintegrasi pada browser.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini (20/9/2016) Opera resmi meluncurkan Opera untuk Komputer dengan fitur VPN gratis, mudah digunakan, tak terbatas, dan tak perlu registrasi.

Dengan peluncuran ini, Opera adalah browser besar pertama yang meluncurkan layanan VPN terintegrasi pada browser.

"Berdasarkan survei yang kami lakukan, kami tahu pengguna internet peduli tentang privasi online mereka dan kebutuhan untuk VPN juga meningkat," ujar Krystian Kolondra, Senior Vice President Opera untuk Komputer, kepada Tekno Liputan6.com dalam keterangannya.

Namun, kata Krystian, ada dua hambatan utama yang menghalangi orang menggunakan VPN. Pertama, mereka merasa VPN terlalu rumit untuk digunakan. Kedua, mereka harus berlangganan bulanan. "Opera menyelesaikan kedua masalah ini dengan memperkenalkan VPN gratis yang juga mudah penggunaannya dan langsung terintegrasi pada browser," tutur Krystian.

Jika pengguna tahu bagaimana internet benar-benar bekerja, Krystian menilai pengguna internet akan menggunakan VPN.

"Kami memberikan sarana penting untuk meningkatkan keamanan para pengguna kami. Ibaratnya, jika Anda memiliki rumah, VPN adalah kunci dan gembok pada rumah Anda," kata Krystian.

VPN pada Opera untuk Komputer, ketika diaktifkan, akan membuat sambungan aman ke salah satu dari lima lokasi servers Opera di seluruh dunia. VPN memungkinkan pengguna memilih lokasi yang akan muncul di internet untuk memberikan pengguna dukungan privasi online dan keamanan serta memudahkan akses konten.

Pengguna juga dapat membiarkan Opera memilih sendiri lokasi server mana yang paling optimal berdasarkan faktor-faktor seperti kecepatan jaringan, waktu penangguhan, lokasi, dan kapasitas server. Pada saat layanan VPN digunakan dalam modus lokasi otomatis, browsing melalui VPN akan dapat memberikan kecepatan maksimum yang tersedia.

Fitur VPN pada browser--yang didukung oleh SurfEasy, anak perusahaan Opera--memanfaatkan sambungan aman terenkripsi 256-bit AES ke lokasi VPN virtual dan layanan tanpa registrasi. Artinya, baik Opera ataupun SurfEasy tidak akan menyimpan informasi tentang riwayat browsing pengguna.

Cara menggunakan VPN di Opera untuk komputer

Jika Anda telah mengunduh Opera untuk komputer, begini cara untuk mengaktifkan VPN:

  • Pergi ke “Settings” (atau "Preferences" pada Mac).
  • Pilih "Privacy & Security" dan kemudian nyalakan VPN gratis.
  • Ikon berlabel "VPN" akan muncul di browser di sebelah kiri field alamat. Dari sini Anda dapat mengaktifkan VPN dan memilih lokasi pilihan Anda.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini