Sukses

Ini 5 Tips Merekam Video Berkualitas Apik dengan Ponsel Android

Liputan6.com, Jakarta - Selain kamera, fitur perekaman video di smartphone juga telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan ponsel-ponsel terdahulu. Kemampuan perekaman 4K sampai kemampuan HDR menjadi fitur yang gampang ditemui di beberapa ponsel andalan.

Karenanya, tak jarang seseorang memanfaatkan perangkat smartphone-nya untuk mengambil video. Selain lebih mudah dan ringkas, video yang direkam juga bisa langsung diedit ataupun diunggah melalui aplikasi yang tersedia.

Meski demikian, di balik kecanggihan teknologi tetap dibutuhkan seseorang di belakangnya untuk memastikan kualitas video tetap baik dan berkualitas bagus.

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com memberikan lima tips mudah merekam video berkualitas apik cukup dengan smartphone Android seperti dikutip dari laman Android Pit, Sabtu (24/9/2016).

1. Ketahui posisi mikrofon di ponselmu

Sebelum mengambil gambar, pastikan posisi mikrofon di ponsel yang digunakan. Hal ini dilakukan agar mikrofon yang berfungsi untuk menangkap suara tak tertutup oleh tangan.

Akibatnya, tak jarang kualitas gambar yang baik tak didukung dengan audio yang mumpuni, sehingga hasil video keseluruhan tak cukup memuaskan.

2. Gunakan dua tangan

Salah satu trik mudah untuk mengambil video dalam keadaan stabil adalah dengan menggunakan dua tangan. Karenanya, untuk memastikan gambar yang dihasilkan tetap baik selalu gunakan cara ini.

Lewat cara ini, kejadian-kejadian seperti transisi yang kasar atau tiba-tiba dapat dihindari jika ponsel yang dipegang tetap berada dalam keadaan kokoh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latih dengan cara ini

3. Jangan pakai zoom digital

Ilustrasi (gadgetreview)

Ada baiknya kamu menghindari penggunaan zoom digital saat mengambil video, karena dapat menyebabkan kualitas gambar yang dihasilkan tak lagi tajam.

Karenanya, ketimbang memakai zoom lebih baik dekati objek yang ingin direkam. Namun pastikan ponsel tetap berada dalam kondisi stabil agar hasil tangkapan gambar tetap sempurna.

4. Pilih lokasi dengan kontras yang tak terlalu tinggi

Sebelum mulai merekam video, perhatikan pencahayaan di lokasi tersebut. Hati-hati apabila pencahayaan wilayah tersebut terlalu terang atau gelap.

Biasanya smartphone akan sulit menyeimbangkan pencahayaan di wilayah tersebut sehingga rekaman terkadang tak begitu jelas. Karena itu, posisikan diri di tempat dengan kontras yang tak begitu tinggi.

5. Latih pengambilan gambar

Cobalah untuk menemukan ritme yang sempurna dan tepat saat merekam termasuk mempertahankan kecepatan konstan. Selain itu, coba untuk tak mengambil gambar secara terputus-putus, baik dari atas atau bawah.

Kecepatan pergerakan kamera juga memegang kunci. Untuk itu, coba beberapa pengambilan gambar dengan kecepatan berbeda dan pilih metode mana yang lebih baik.

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini