Sukses

Terungkap, Harga Komponen iPhone 7 Cuma Rp 2,9 Jutaan

iPhone 7 yang dijual dengan harga tinggi ternyata menggunakan komponen yang harganya kurang dari setengahnya. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, smartphone terbaru Apple, iPhone 7 varian 32GB yang dijual dengan harga US$ 649 (setara dengan Rp 8,5 jutaan) di negara asalnya, ternyata menggunakan komponen seharga US$ 224 (sekitar 2,9 jutaan).

Merangkum informasi Business Insider, Rabu (21/9/2016), jika iPhone 7 dibedah, rincian harga komponennya antara lain ruang penyimpanan internal 32GB senilai US$ 16,4 (Rp 215 ribu) per iPhone.

Ada pula komponen lain yakni chipset seharga US$ 26,9 (Rp 350 ribu) dan layar seharga US$ 43 (Rp 565 ribu), serta kamera utama dan kamera depan seharga US$ 19,9 (setara Rp 261 ribu).

Rincian harga itu merupakan hasil riset IHS, yang mencari tahu dan mempelajari seluruh komponen iPhone 7. Adapun saat IHS mengecek rincian harga komponen iPhone 6s yang diluncurkan tahun lalu, harga yang harus dibayar Apple untuk segala material yang digunakan hanya US$ 211 atau setara dengan Rp 2,7 jutaan.

Biaya komponen iPhone 7 (Sumber: Business Insider)
Hal tersebut menunjukkan bahwa biaya yang dikeluarkan Apple untuk membuat iPhone 7 sedikit lebih mahal dibandingkan iPhone 6s. Lantas bagaimana dengan iPhone 7 Plus? Sayangnya, IHS belum melakukan pemeriksaan terhadap iPhone berkamera ganda itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Mendekati Biaya Sesungguhnya

Jika perkiraan ini akurat, hal tersebut menunjukkan bahwa biaya material lebih tinggi, sehingga margin keuntungan Apple akan berkurang.

Pada kuartal lalu, perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu melaporkan keuntungan kotornya sekitar 38 persen. Bahkan, beberapa penyuplai komponen Apple mengeluhkan bahwa Apple melakukan tawar menawar yang begitu sulit.

CEO Apple Tim Cook pun sempat mengkritik 'pembongkaran' komponen iPhone yang dilakukan oleh perusahaan riset. "Tak ada satu pun yang mendekati biaya aslinya," kata Cook pada 2015.

Biaya komponen iPhone 7 (Sumber: Business Insider)
IHS memang hanya memerkirakan harga berdasarkan komponen-komponen yang digunakan oleh Apple. IHS tak memasukkan unsur pergudangan, riset dan pengembangan, serta pemasaran produk tersebut.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.