Sukses

Melihat Robot Kolaboratif Besutan Universal Robots dari Dekat

Universal Robots, perusahaan robotik asal Denmark, memperkenalkan ketiga seri robot kolaboratifnya, UR3, UR5, dan UR10.

Liputan6.com, Jakarta - Universal Robots, perusahaan robotik asal Denmark, memperkenalkan ketiga seri robot kolaboratifnya, UR3, UR5 dan UR10 secara terbatas kepada media pada Rabu (21/9/2016). Ketiga robot tersebut diklaim dapat bekerja ekstra aman untuk industri manufaktur di segala bidang.

Saat menghadiri sesi presentasi di Ritz Carlton, Mega Kuningan bersama Sherine Gotfredsen, General Manager Universal Robots APAC, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk melihat lebih dekat salah satu unit robot kolaboratif UR3, yang dapat membawa beban sebanyak 3 kilogram.

Secara detail, semua unit UR memiliki desain modular berbentuk seperti lengan manusia yang dapat dibongkar pasang. Sebagaimana dijelaskan Shermine, UR memiliki karakteristik yang unik. Salah satunya, robot ini mengadopsi desain yang compact dan ringan.

“Selain ringan, aktivasi UR juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu kunjungi situs platform Universal Robot+ dan mengunduh aplikasi yang ingin diprogramkan,” tutur Shermine.

Aplikasi yang dapat diunduh berupa aplikasi instruktif yang bisa dimanfaatkan industri manufaktur. Jadi, jika ada industri manufaktur yang bergerak di bidang otomotif, mereka dapat mengunduh aplikasi yang berhubungan dengan manufaktur bidang otomotif, seperti aplikasi cara memasang pintu mobil, memasang baut, melakukan pengecatan, dan lain sebagainya.

“Semua unit UR kami klaim aman, karena dapat beroperasi tanpa harus diawasi manusia. Jika robot tersebut tidak sengaja membenturkan komponennya ke manusia, ia secara otomatis akan berhenti beroperasi,” tambah Shermine.

Kehadiran UR diharapkan dapat memangkas kekurangan tenaga kerja di masing-masing industri manufaktur. Selain itu, Universal Robots juga ingin menghemat biaya pengeluaran perusahaan yang bermitra dengannya karena satu unit UR sama dengan beberapa tenaga yang dipekerjakan.
Shermine Gotfredsen, General Manager Universal Robots APAC saat mengisi sesi presentasi di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (21/9/2016). Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza
UR3 ternyata bukanlah robot paling lama yang diproduksi Universal Robots. Perusahaan yang berdiri sejak 2005 silam itu bahkan sudah memproduksi prototype robot perdananya, UR5 pada 2008.

Sedangkan distribusi UR5 baru dilakukan pada 2010, meyusul produksi dan pemasaran seri lanjutannya, UR10 pada 2012.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.