Sukses

Ini Alasan Nintendo Lebih Kepincut iPhone Ketimbang Android

Shigeru Miyamoto, pimpinan Nintendo mengungkap alasan mengapa Nintendo lebih memilih merilis gim mobile-nya ke iOS lebih dulu.

Liputan6.com, Tokyo - Nintendo secara perlahan menggempur bisnisnya ke industri gim mobile. Hal tersebut sudah terbukti dari peluncuran Miitomo, gim mobile perdana Nintendo dan pengumuman seri terbaru Mario, yaitu Super Mario Run yang secara eksklusif dirilis lebih dulu untuk perangkat iOS.

Meski begitu, Nintendo mengungkap bahwa mereka tidak akan melupakan Android.

Super Mario Run pun akan menyusul perangkat robot hijau tersebut, meski waktunya belum ditentukan.

Lantas, mengapa Nintendo malah mendahulukan rilis gim terbarunya ini untuk perangkat Apple ketimbang Android?

Pimpinan Nintendo, Shigeru Miyamoto, mengungkap alasan dikarenakan perangkat iOS memiliki ekosistem yang lebih stabil ketimbang Android.

“Salah satu alasan mengapa kami berfokus merilis gim ke iPhone adalah platform yang lebih stabil dan mampu mencakup level responsivitas yang kami inginkan, namun kami tidak mengatakan bahwa Android memiliki level yang jauh di bawah iOS,"  tutur Miyamoto menjelaskan sebagaimana dikutip Techno Buffalo, Sabtu (24/9/2016).

"Hanya saja, kami butuh lebih banyak tenaga engineer untuk menggarap gim Android, mengingat perangkat Android dirilis banyak vendor,” sambungnya.

Selain itu, Miyamoto menambahkan bahwa Nintendo memang telah bekerjasama dengan Apple dalam waktu yang cukup lama, bahkan saat mendiang Satoru Iwata masih menjabat sebagai CEO Nintendo.

“Saat itu, Apple sudah mengundangnya (Satoru Iwata, red.) untuk berbincang soal bagaimana jika Nintendo benar-benar menggarap gim mobile untuk iOS,” lanjutnya.

Selain fokus menggarap gim mobile, Nintendo juga tengah berfokus mempersiapkan konsol flagship terbarunya, yaitu NX. Disebut-sebut, NX bakal dalam kelas yang sama dengan PS4 dan Xbox One.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.