Sukses

6 Tips Lindungi Smartphone dari Hacker

Berikut ini 6 tips melindungi smartphone supaya aman dari para hacker.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone telah menjadi perangkat penting sehari-hari dalam kehidupan kita. Rata-rata seseorang menghabiskan waktu lebih dari empat jam menggunakan smartphone setiap harinya. Bahkan, memikirkan smartphone hilang saja sudah cukup membuat kita gugup.

Laporan menunjukkan, lebih dari 40 smartphone yang dicuri setiap hari di jalanan, kebanyakan tidak pernah kembali. Jadi, apa yang bisa dilakukan? Sudah saatnya kamu mengamankan smartphone kamu supaya aman dari pencuri (dalam kasus ponsel hilang/dicuri) dan juga aman dari serangan siber.

Berikut ini 6 tips melindungi smartphone supaya aman dari para hacker yang dikutip Tekno Liputan6.com dari laman gadgetsnow.com.

1. Enkripsi
Android memungkinkan kamu mengenkripsi semua data di perangkat. Kamu sebaiknya memasang setelan memasukkan kata sandi atau PIN setiap kali perangkat diaktifkan. Ini kelihatannya ribet, tetapi jika smartphone jatuh ke tangan yang salah, tidak ada cara untuk mengakses data tanpa kata sandi atau PIN.

2. Mengunci layar otomatis
Mengunci layar otomatis memungkinkan kamu menjaga perangkat dengan menggunakan pola, PIN atau kata sandi. Kunci dapat diaktifkan melalui pengaturan keamanan perangkat. Perangkat dapat diatur untuk mengunci secara otomatis setelah jangka waktu tertentu atau dengan menekan tombol power.

3. Jangan gunakan Wi-Fi tak dikenal
Jangan menggunakan jaringan Wi-fi yang tak dikenal sumbernya. Sebaliknya, gunakan paket data yang disediakan dari operator seluler. Biaya paket data mungkin tinggi, tapi setidaknya kamu lebih aman menggunakan jaringan kamu sendiri daripada Wi-fi gratis yang tidak aman, apalagi kalau kamu cukup sering melakukan transaksi perbankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Tips Lindungi Smartphone dari Hacker

4. Sumber aplikasi
Toko aplikasi resmi seperti Google Play dan App Store melakukan verifikasi dan pemindaian terhadap aplikasinya. Di sana kamu dapat mengakses dan mengunduh aplikasi apa pun secara aman. Jangan mengunduh aplikasi dari tautan tak dikenal. 

5. Memasang Antivirus
Kalau kamu sering menelusuri situs web dan mengunduh konten dari internet ke smartphone, sebaiknya kamu memasang antivirus di smartphone kamu. Ada banyak Antivirus gratis seperti AVG Free dan Avast. Namun tidak ada salahnya juga untuk mengeluarkan sedikit biaya dan membeli Antivirus berbayar seperti Norton atau Kaspersky. 

6. Pembaruan software
Selalu usahakan software di smartphone kamu selalu diperbarui. Dalam banyak kasus, rilis pembaruan software disebabkan perusahaan atau pembuat aplikasi telah menemukan celah keamanan. 

(Dhita Koesno/Why)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini