Sukses

Tak Lagi Sekadar Media Sosial, Snapchat Resmi Ganti Nama

Liputan6.com, California - Snapchat yang lebih dikenal sebagai aplikasi jejaring sosial berbagi gambar atau video baru saja mengubah identitas perusahaannya.

Berdasarkan laporan terbaru dari Wall Street Journal, perubahan identitas itu dilakukan karena ada bidang baru yang ditekuni perusahaan tersebut.

Mengutip informasi dari laman Business Insider, Sabtu (24/9/2016), Snapchat telah resmi mengganti nama perusahaannya menjadi Snap Inc.

Menurut CEO Snapchat Evan Spiegel, nama itu lebih cocok dengan citra perusahaan yang saat ini tak lagi sekadar merupakan aplikasi sosial. Salah satu alasannya adalah perusahaan itu telah merambah bidang produksi baru, yakni kacamata pintar.

Setelah sempat dirumorkan sejak lama, Snapchat akhirnya memperkenalkan perangkat kerasnya yang diberi nama Spectacles.

Kacamata yang dibanderol dengan harga US$ 129(Rp 1,6 juta) itu akan menjadi perangkat keras pertama Snapchat yang dilepas untuk publik.

Kehadiran perangkat itu disebut menjadi alasan kuat Snapchat memilih mengubah nama perusahaannya saat ini. Spectacles sendiri merupakan kacamata yang dapat digunakan untuk merekam video selama 10 detik dengan lensa 115-degree-angle. Spesifikasi itu disebut membuat kemampuan kacamata ini lebih dekat dengan mata manusia ketimbang kamera tradisional.

Kacamata ini akan merekam video dalam format lingkaran, bukannya kotak seperti format pada umumnya. Video tersebut nantinya dapat dikirimkan langsung ke smartphone secara nirkabel, dan dapat dibagi dengan orang lain lewat Snapchat.

Ada tiga pilihan warna yang disediakan untuk kacamata ini, yakni hitam, teal, dan coral. Meskipun telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan Spectacles, Spiegel hanya menyebut kacamata itu sebagai mainan.

"Kami memilih pendekatan bertahap untuk mulai meluncurkannya (Spectacles)," ujar tunangan Miranda Kerr ini. Langkah tersebut dipilih untuk mengetahui apakah perangkat tersebut cocok dengan kehidupan orang-orang dan melihat tanggapannya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini