Sukses

Google Bakal Rilis Laptop dan Tablet dengan Sistem Operasi Baru

Liputan6.com, California - Sukses dengan sistem operasi (OS) Android dan Chrome OS, Google dikabarkan akan merilis laptop baru dengan sistem operasi anyar yang disebut Andromeda. Dilaporkan Android Police, OS ini digadang-gadang menggabungkan Chrome OS dan Android.

Sementara menurut laporan 9to5Google, Andromeda akan disematkan pada tablet terbaru yang dirumorkan akan bernama Huawei Nexus. Tablet ini dikabarkan bakal menjadi penerus Google Nexus 7, yang bocor di internet pada awal bulan ini.

Sementara untuk laptop, Android Police mengklaim bahwa laptop ini memiliki nama kode "Bison" dan dikenal sebagai "Pixel 3".

Laptop ini akan dilengkapi layar sentuh 12,3 inci dengan ketebalan bodi di bawah 10 mm, yang menjadikannya sebagai salah satu notebook tertipis di dunia.

Laptop ini bakal mengusung desain convertible yang mirip dengan laptop Lenovo Yoga dan akan memiliki trackpad dari kaca (mirip MacBook) yang mengandalkan teknologi haptic feedback. Google dikabarkan akan menjual laptop ini dengan harga mulai US$ 799 atau sekitar Rp 10,3 juta.

Google sendiri bukan pemain baru dari industri hardware, seperti laptop. Sebelumnya, raksasa internet ini merilis dua Chromebook Pixel.

Pixel 3 dikabarkan tidak akan menjalankan Chrome OS, yang mana hanya bisa ditemukan di Chromebook. Sebaliknya, tablet buatan Huawei akan menjalankan Andromeda.

Mengutip laman Business Insider, Selasa (27/9/2016), penggabungan antara Chrome OS dan Android tampaknya akan menyelaraskan dua bidang yang terpisah.

Chromebook baru-baru ini mendapatkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android pada Chrome OS--mirip apa yang dilakukan Microsoft dengan Windows saat ini.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini