Sukses

Mobil Otonomos Google Tabrakan, Salah Siapa?

Liputan6.com, Jakarta - Mobil otonomos Google mengalami kecelakaan pada pekan lalu di Mountain View, California. Kecelakaan itu pertama kali dilaporkan oleh 9to5 sebagai kecelakaan terparah yang dialami Google.

Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari The Verge, Selasa (27/9/2016), dalam sebuah pernyataan, Google bersikeras mobil otonomos miliknya tak bersalah.

Hingga kini, detail mengenai kecelakaan tersebut belum dikonfirmasi Departemen Kendaraan Bermotor (DMV) setempat. 

Berdasarkan pernyataan Google, kecelakaan itu terjadi ketika sebuah kendaraan melaju ke arah barat di jalan El Camino Real di Montain View. Mobil itu kemudian melintasi lampu lalu lintas dan bertabrakan dengan sisi kanan mobil otonomos milik Google. 

Saat itu mobil otonomos Google tengah melaju ke arah utara di Phyllis Ave. "Enam detik sebelum mobil otonomos kami memasuki persimpangan, lampu lalu lintas kami berwarna hijau," ujar seorang juru bicara Google.

Menurut laporan 9to5, kendaraan yang melaju saat lampu lalu lintas berwarna merah adalah sebuah van komersial yang dimiliki oleh Interstate Batteries, perusahaan yang mengklaim sebagai perusahaan baterai nomor satu di Amerika Utara.

"Tak ada korban yang terluka di kejadian ini, semua airbags berfungsi," tutur juru bicara yang tak disebut namanya itu.

Kecelakaan mobil otonomos Google itu bukanlah yang pertama. Sebelumnya, sebuah mobil otonomos yang dikembangkan Google, berjenis SUV, juga dikabarkan melaju ke sisi bus dengan kecepatan rendah. Saat itu, mobil tersebut dinyatakan bersalah.



(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.