Sukses

Aruba: IoT Jadi Tumpuan Kemajuan Industri Retail di Masa Depan

IoT, diharapkan Aruba dapat menjadi elemen terkuat bagi kemajuan industri retail. Apa saja inovasi yang mereka pamerkan pada sektor ini?

Liputan6.com, Singapura - Internet of Things (IoT) kini menjadi salah satu dari tiga fokus utama Aruba Networks pada gelaran APAC Atmosphere 2016 yang dihelat 27-29 September 2016.

Anak perusahaan HP Enterprise ini menawarkan solusi jaringan yang terhubung ke berbagai perangkat, mulai dari PC, laptop, smartphone, cloud, hingga perangkat pintar yang sudah memiliki koneksi IoT.

Aruba menganggap, perangkat pintar IoT sangat dibutuhkan di salah satu sektor yang mereka geluti, yaitu ritelSelain industri ritel, perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California ini diketahui sempat menjajal empat sektor lain dengan menghadirkan solusi jaringannya yaitu kesehatan, pendidikan, hospitality dan enterprise.

Seperti disampaikan Ozer Dondurmacioglu selaku Senior Director, Product and Solutions Marketing Aruba Networks dalam sesi wawancara eksklusif, IoT diklaim Aruba jadi tumpuan terkait bagaimana kemajuan industri ritel di masa depan.

"Kita tidak bisa mungkiri, kini di setiap daerah pasti ada mal. Masing-masing mal punya banyak toko. Namun yang tak bisa kita sangkal, banyak orang beralih berbelanja online di eCommerce," kata Ozer kepada Tekno Liputan6.com di MICE Marina Bay Sands, Rabu (28/9/2016).

"Bisa jadi, kebanyakan toko masih melakukan cara konvensional yang malah dianggap membosankan dan kurang instan. Nah itu jadi tantangan buat para pelaku ritel agar mereka mampu menarik traffic pelanggan kembali," tutur Oze melanjutkan.


Para pelaku ritel, kata Ozer, mau tak mau harus meluangkan strateginya dengan memanfaatkan jaringan IoT. "Aruba sendiri sudah menawarkan beberapa solusi jaringan dengan pendekatan IoT. Kami telah hadirkan mobile platform. Beberapa mitra ekosistem kami juga sudah bergabung untuk meluncurkan solusi di industri ini,” ujar Ozer.

Sejalan dengan yang disampaikan Ozer, solusi jaringan dengan pendekatan IoT untuk industri ritel dari Aruba rupanya sempat dipamerkan lewat Tech Playground yang diadakan di Grand Ballroom APAC Atmosphere 2016. Kala kami menghadiri booth industri ritel, Aruba Networks menawarkan setidaknya tiga solusi kepada para pelaku ritel.


Di antaranya ada aplikasi pencari toko secara real-time, aplikasi pendeteksi perilaku pelanggan ketika mereka berbelanja, hingga yang paling menarik yaitu aplikasi asisten virtual yang bisa membantu pelanggan berbelanja, mulai dari mencari baju, ukuran, hingga menuntun mereka menemukan barang yang ingin dicari.

Semua tentu dapat berjalan berkat jaringan solusi Aruba yang terintegrasi dengan mobile platform Aruba dan beberapa elemen potensial lain seperti sistem operasi terbaru yaitu ArubaOS 8.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.