Sukses

Jalankan eGovernance, Pemprov Jateng Gunakan Twitter Kemala

Pemprov Jateng bermitra dengan Twitter Indonesia untuk meningkatkan pelayanan publik dan interaksi dengan warga via Twitter Kemala.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini (29/9/2016) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengumumkan kemitraan dengan Twitter Indonesia untuk meningkatkan pelayanan publik dan interaksi dengan warga melalui Twitter Kemala--Kelola Melantas Layanan.

Twitter Kemala adalah solusi layanan publik yang dibuat Twitter untuk memudahkan komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan masyarakat secara live. Pemprov Jateng menjadi lembaga pemerintahan pertama di Indonesia yang akan menggunakan Twitter Kemala dalam menjalankan praktik eGovernance yang lebih efisien dan transparan.


Warga, dengan solusi pelayanan publik berbasis Twitter ini, hanya perlu mengirimkan Tweet mereka menggunakan tagar #KemalaJateng. Tweet tersebut lalu akan direspons lembaga terkait di pemerintahan Jawa Tengah. Berikut ini cara kerja Twitter Kemala:

1. Kirimkan Tweet pertanyaan, usulan, keluhan dengan menggunakan tagar #KemalaJateng. Menariknya, warga tidak perlu menyebutkan akun Twitter instansi terkait. 

2. Tweet tersebut akan didelegasikan oleh tim Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada institusi terkait.

3. Institusi terkait akan merespons Tweet tersebut melalui Twitter sebagai bentuk komitmen dalam hal transparansi dan praktik eGovernance yang lebih cepat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (@ganjarpranowo), sebagai pengguna aktif Twitter, menyambut baik inisiatif ini. "Twitter telah lama menjadi jembatan komunikasi antara warga Jawa Tengah dengan pemerintah. Mereka Tweet pertanyaan, laporan, dan keluhan kepada saya maupun masing-masing institusi terkait," kata Ganjar, dalam pernyataannya kepada Tekno Liputan6.com.

Twitter Kemala, menurut Ganjar, mampu membantu ia dan jajarannya dalam merespons dan bertindak secara cepat terhadap kebutuhan warga Jawa Tengah di mana pun mereka berada. 


Terdapat setidaknya 500 ribu Tweet selama satu bulan terakhir yang dikirimkan oleh masyarakat di Jawa Tengah terkait dengan pelayanan publik. "Jalan" menjadi salah satu kata yang paling banyak disebutkan di tweet tersebut. 



Adapun Twitter Kemala dikembangkan sebagai solusi pelayanan publik yang dapat digunakan oleh mitra-mitra Twitter di Indonesia, terutama lembaga-lembaga pemerintah. Twitter Kemala memungkinkan berbagai institusi untuk menyediakan informasi dan respons yang cepat, efisien, serta real-time terhadap berbagai pertanyaan, permintaan, maupun keluhan masyarakat.

Pada konferensi pers di Semarang, Country Business Head Twitter Indonesia Roy Simangunsong (@roysimangunsong) berujar, "Twitter berkomitmen memfasilitasi institusi yang telah menggunakan platform ini secara aktif. Kami bangga dapat bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membantu mereka menyediakan layanan publik yang lebih baik lagi melalui Twitter Kemala."

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.