Sukses

Tanya Tekno: Tolong, Smartphone Android Saya Terinfeksi Malware!

Yang namanya virus memang menjengkelkan, mengganggu sistem, dan tentunya bikin kesal.

Mohon bantuannya perihal perangkat Android saya yang terkena malware. Bagaimana ya solusi untuk mengatasinya? Jika saya menggunakan antivirus, solusinya adalah dengan cara force stop Android. Tapi saya tidak melakukannya karena takut berdampak buruk lagi. (Anisa Dwi Utami, 25, Jakarta Selatan)

Liputan6.com, Jakarta

Terima kasih atas pertanyaannya Anisa. Yang namanya virus memang menjengkelkan, mengganggu sistem, dan tentunya bikin kesal. Terlepas dari merek smartphone yang kamu gunakan, virus atau pun spam bisa masuk atau mengganggu semua smartphone.

Adapun cara paling efektif membuang virus adalah dengan cara me-reset smartphone alias factory reset (mengembalikan smartphone ke standar pabrik), yang fasilitasnya memang sudah tersedia pada semua smartphone, termasuk Android.

Factory reset bisa dilakukan secara manual, dengan masuk ke Setting> Backup & Reset> Factory data reset.

Namun ingat, jangan lupa memindahkan data-data, seperti kontak atau koleksi foto pribadi ke PC atau layanan cloud: Google Photo atau Google Drive. Selamat mencoba!

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya. 

---
Penulis dikenal dengan nama Bang Jasmin. Ia merupakan ahli reparasi gadget yang berpengalaman dan menjadi teknisi ponsel di sentra ponsel terbesar di Jawa Barat. Bang Jasmin dapat dihubungi via email: bangjasmin@gmail.com atau bisa melihat profilnya di Instagram: @bangjasmin atau di Facebook: bangjasmin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini