Sukses

Tips Agar Terhindar dari Peretasan di BBM

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengetahui data pengguna di media sosial, e-Commerce, termasuk juga berbagai aplikasi pesan instan--salah satunya BlackBerry Messenger (BBM)--hacker melakukan sejumlah trik yang makin kreatif.

Salah satu modus yang tengah marak terjadi di kalangan pengguna BBM adalah peretasan yang memanfaatkan pesan broadcast, terusan (forward) atau pesan langsung dari orang tak dikenal. Biasanya, pesan semacam itu berisi tautan (link) yang mengandung konten rekayasa.

Pengguna diharuskan memasukkan email dan password untuk membuka tautan tersebut. Bahkan, tak jarang pengguna juga diminta memasukkan akun BlackBerry-nya (BBID).

Karenanya, pengguna harus berhati-hati, sebab data email dan password bisa dicuri oleh pengirim konten dan kemudian akun BBM diretas.

Agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, berikut ini adalah cara menghindari peretasan akun dari pihak BBM:

1. Jangan Masukkan BBID dan Password di Situs yang Berasal dari Tautan di BBM

BBM tak pernah meminta penggunanya memasukkan akun BlackBerry ID dan password ketika mengunjungi sebuah situs.

Karena itu, apabila Anda diharuskan menuliskan dua hal tersebut, segera tinggalkan situs itu karena ada indikasi ini merupakan ulah peretas.

2. Cara Mengetahui Kepastian Akun Pengguna

Untuk mengetahui apakah akun BBM Anda diretas, gunakan akun non-BBM untuk memeriksanya. Jadi, cara ini digunakan untuk memastikan alamat email yang digunakan untuk mendaftar BBID.

3. Cara Melindungi Diri dari Serangan Hacker

Ada dua cara untuk melindungi akun BBM dari peretasan. Pertama, atur pertanyaan untuk pemulihan password.

Cara melakukannya adalah masuk ke 'Settings', masukkan akun BBID Anda, dan tentukan pertanyaan pemulihan password. Dengan cara ini, meskipun akun email yang dipakai berhasil dibobol, dapat dipastikan akun BBM tak akan terkena dampaknya.

Kedua, adalah memastikan email yang digunakan. Untuk melakukannya, buka akun BlackBerry dan pilih 'Confirm my email' yang ada di bawahnya. Setelah itu, akan ada tautan yang dikirimkan ke email dan ikuti langkah selanjutnya.

Cara ini berguna untuk memastikan ketika akun BBID dibobol oleh serangan phishing. Jadi, pengguna dapat mengembalikan BBID memakai opsi 'Forgot password'.

4. Pendaftaran Memakai Nomor Telepon

Untuk pengguna baru BBM, fitur pendaftaran akun memakai nomor telepon sudah bisa dipakai bagi pengguna iOS dan Android.

Cara pendaftaran ini lebih dapat diandalkan, baik dari sisi proses termasuk keamanan. Sebab, dengan menggunakan nomor telepon, kemungkinan akun email diretas untuk mendapatkan akses akun BBM semakin kecil.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini