Sukses

Cara Cegah Timbulnya Jerawat yang Disebabkan Smartphone

Selain menyebabkan keracunan, diare dan sakit perut, bakteri di smartphone juga dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Beraktivitas seharian, entah itu bekerja, sekolah, kuliah, bermain atau olahraga, kebanyakan orang tak bisa lepas dari yang namanya smartphone.

Maka tak heran bila bakteri yang didapat selama beraktivitas akan terkumpul di permukaan sampai sela-sela smartphone.

Ironisnya, smartphone tidak bisa dicuci atau disterilkan, sehingga tumpukan bakteri itu akan tinggal dan terkumpul di sana. Itu sebabnya, peneliti mengatakan smartphone sama kotornya dengan toilet.

Selain menyebabkan keracunan, diare dan sakit perut, bakteri di smartphone juga dapat menyebabkan masalah pada kulit, salah satunya jerawat.

Oleh karena itu, penting melakukan langkah pencegahan, seperti di bawah ini. 

Mengurangi Kontak dengan Tangan

Untuk meminimalisir munculnya jerawat atau timbulnya kanker kulit, tidak ada salahnya mengurangi kontak smartphone dengan tangan.
Bakteri di Smartphone (techworm.net)
Sebab, tangan adalah media penghantar yang mentransfer bakteri ke anggota badan, termasuk wajah. Penggunaan headset juga dapat membantu.

Basuh Tangan Sesering Mungkin

Telapak tangan manusia memiliki banyak bakteri yang tersembunyi di permukaannya.

Oleh karenanya, disarankan untuk senantiasa membersihkan tangan dan permukaannya secara rutin agar dapat meminimalisir terjadinya 'transfer' kuman dari tangan ke perangkat mobile.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Sentuh Wajah

Jangan Sentuh Wajah
Bakteri di Smartphone (techworm.net)
Pencegahan berikutnya adalah dengan menghindari kontak tangan ke wajah. Dengan cara ini, saat menghindari kontak ke smartphone tak dapat dihindari, setidaknya akan mencegah bakteri mengontaminasi kulit wajah.

Bersihkan Smartphone

Terakhir, berusahalah untuk membersihkan smartphone dengan tisu sesering mungkin. Jika ada, gunakan tisu anti-bakteri asal jangan sampai merusak perangkat Anda.

(Msu/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.