Sukses

Tak Ada HTC di Google Pixel?

Meskipun tak disebut dalam peluncuran, HTC konfimasi ikut menggarap Googel Pixel

Liputan6.com, California - Rumor mengenai HTC yang menggarap ponsel terbaru Google, Pixel dan Pixel XL, memang telah diketahui sejak lama. Karenanya, banyak yang meduga ponsel ini adalah hasil kolaborasi dua perusahaan itu. 

Namun dalam pengumuman dua ponsel tersebut, perusahaan yang kini dipimpin oleh Sundar Pichai itu hanya menyebut keduanya 'didesain dan dibuat oleh Google' tanpa menyebut HTC sama sekali.

Lantas, apakah kabar mengenai HTC yang turut menggarap ponsel Pixel tersebut hanya rumor? Ternyata, meski tak disebut-sebut dalam acara peluncuran, perusahaan asal Taiwan itu tetap berkontribusi dalam pembuat Pixel.

Hal itu diungkapkan oleh Senior Global Online Communications Manager HTC Jeff Gorden. Mengutip informasi dari laman Phone Arena, Kamis (6/10/2016), ia mengonfirmasi bahwa HTC merupakan rekanan manufaktur untuk Pixel.

Sayangnya, tak dijelaskan lebih lanjut bentuk rekanan tersebut. Pun juga dengan alasan Google tak menyinggung nama rekanannya tersebut dalam penggarapan ponsel Pixel.

Namun berdasarkan kabar yang beredar awal tahun ini, Google memang dilaporkan akan melakukan pendekatan berbeda pada produksi smartphone anyarnya. Raksasa mesin pencari itu akan mengadaptasi cara yang sudah dilakukan Apple melalui iPhone.

Laporan itu menyebutkan Google akan memperlakukan perusahaan pembuat komponen hanya sebagai pabrikan kontrak dan bukannya rekanan. Karenanya, besar kemungkinan cara itu sudah diterapkan pada Pixel sehingga nama HTC tak perlu disebut.

HTC sendiri bukan kali pertama menjalin kerja sama dengan Google dalam pembuat ponsel. Sebelumnya, perusahaan itu juga digandeng Google dalam seri proyek Nexus melalui Nexus One pada 2010.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini