Sukses

Evolusi Google Nexus dari Tahun ke Tahun

Yuk, intip kembali seperti apa tampilan smartphone Nexus dari tahun ke tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Nexus akhirnya resmi 'tutup usia'. Google pun mengganti nama smartphone garapannya tersebut dengan yang baru, yaitu Pixel.

Kalau nama baru, berarti tampilan dan 'isi' juga harus baru.

Begitulah yang dilakukan Google pada proyek Pixel-nya. Hadir dengan dua varian, Pixel dan Pixel XL, smartphone ini ditopang dengan peningkatan yang cukup besar ketimbang seri Nexus.

Meski begitu, nama Nexus tak mungkin langsung sirna bak angin. Pamornya masih kuat. Apalagi, faktanya masih banyak pengguna Android yang menggunakan perangkat Nexus lawas seperti Nexus 4 dan 5.

Dalam rangka peluncuran Google Pixel, kini Tekno Liputan6.com akan mengajakmu untuk kembali 'napak tilas' melihat evolusi Google Nexus dari tahun ke tahun.

Setelah beberapa tahun 'menggurita', Nexus sudah menelurkan delapan generasi smartphone, empat tablet dan dua media player. Apa saja? Merangkum informasi Engadget, Jumat (7/10/2016), berikut daftarnya.

1. Nexus One (2010)
Nexus One merupakan generasi pertama Nexus yang digarap Google bersama dengan HTC.


2. Nexus S (2010)
Pada tahun yang sama, Google bersama Samsung meluncurkan generasi kedua Nexus, yaitu Nexus S yang memiliki aksen khas Samsung Galaxy. Acapkali, orang-orang salah menyebut smartphone ini sebagai Samsung 'Galaxy Nexus'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Galaxy Nexus & Nexus 7

3. Galaxy Nexus (2011)


Kesuksesan Nexus S akhirnya membuat Samsung kembali dipercaya Google untuk menggarap generasi Nexus ketiganya. 

Jika pada seri Nexus S banyak yang salah menyebut nama smartphone dengan sebutan Samsung 'Galaxy Nexus', kini Nexus generasi ketiga benar-benar dinamai Samsung Galaxy Nexus.

4. Nexus 7 (2012, 2013)
Nexus 7 merupakan seri tablet perdana Google yang dirilis pada 2012. Kehadiran Nexus 7 ternyata cukup direspon positif oleh pasar. Google pun akhirnya kembali merilis Nexus 7 dengan sejumlah perombakan di desain dan spesifikasi pada tahun berikutnya.

3 dari 5 halaman

Nexus 10, Q & 4

5. Nexus 10 (2012)

Selain Nexus 7, pada tahun yang sama Google juga merilis tablet dengan ukuran yang lebih besar (dengan resolusi 2.560x1.600), yaitu Nexus 10. Sayangnya, kebanyakan lebih memilih Nexus 7 karena baik spesifikasi dan desainnya lebih ringkas dan cepat.

6. Nexus Q (2012)


Nexus Q merupakan perangkat media streaming pertama buatan Google yang dirilis pada 2012. Sayangnya, perangkat tersebut tidak sepopuler pamor smartphone dan tablet Nexus yang dijual di pasaran.

7. Nexus 4 (2012)
Nexus 4 merupakan smartphone Nexus generasi keempat Google dengan LG. Smartphone ini pun menjadi yang pertama hadir dengan sistem operasi Android Jelly Bean.

4 dari 5 halaman

Nexus 5, 6 & 9

8. Nexus 5 (2013)


LG kembali didapuk Google untuk menggarap generasi kelima Nexus yang dirilis pada 2015. Nexus 5 pun menjadi yang pertama hadir dengan sistem operasi Android KitKat.

9. Nexus 6 (2014)


Nexus 6 merupakan smartphone generasi keenam Nexus yang hadir dengan layar 5,9 inci. Smartphone yang juga digarap Motorola ini merupakan yang pertama hadir dengan sistem operasi Android Marshmallow.

10. Nexus 9 (2014)


Masih 'betah' dengan tablet, Nexus 9 pun lahir bersama dengan Nexus 6. Bedanya, ukuran tablet ini sedikit lebih lebar 9 inci. 

5 dari 5 halaman

Nexus Player, 5X & 6P

11. Nexus Player (2014)


Selain Nexus Q, Nexus Player juga merupakan perangkat media player yang bisa digunakan untuk mengakses Android TV.

12. Nexus 5X dan 6P (2015)


Nexus 5X digarap LG, sedangkan 6P digarap Huawei. Kedua smartphone premium ini menjadi seri Nexus terakhir yang dirilis pada tahun lalu. Performanya oke, desain elegan dan harganya cukup masuk akal untuk di kelasnya masing-masing.



(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini