Sukses

5 Charger Unik di Dunia yang Patut Kamu Ketahui

Saat membeli perangkat mobile, pabrikan menyertakan perangkat charger dengan desain yang monoton dan biasa saja

Liputan6.com, Jakarta - Saat membeli perangkat mobile, pabrikan perangkat yang kamu beli sudah menyertakan perangkat charger yang terdiri dari sebuah kepala charger dan kabelnya.

Tampil dengan desain yang monoton, tak sedikit orang mencari cara atau aksesoris pihak ketiga yang membuat perangkat charger yang unik.

Entah kamu sedang mencari charger yang mungil dan bisa dibawa kemana-mana, hingga tampil dengan desain yang unik, berikut adalah 5 charger smartphone terunik yang tim Tekno Liputan 6.com rangkum dari berbagai sumber yang patut kamu ketahui.

1. Tali Pusar

Apa jadinya bila tali pusar diubah menjadi kabel charger? Seniman asal Jepang, Mio I-zawa membuat sebuah kabel charger yang menyerupai bentuk tali pusar dengan sebuah mulut besar diujungnya.

Charger berbentuk mengerikan dibuat oleh seniman asal Jepang, Mio Izawa. (Doc: Boing-Boing)
Lalu bagaimana charger tali pusar ini mengisi daya baterai smartphone? Untuk mengisi daya baterai, pengguna bisa memasukkan ponsel ke dalam "mulut" yang ada di ujung kabel.

Saat dihubungkan ke stop kontak, charger ini akan bergerak seolah-olah sedang menelan ponsel milik kamu.

2. Yo-Yo

Bagi kamu yang lahir pada tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan yang bernama yo-yo. Walau saat ini tak banyak peminatnya, pabrikan aksesoris secara kreatif mengambil konsep sebuah Yo-Yo dan menerapkannya sebagai perangkat pengisi daya baterai.

Charger berbentuk seperti mainan Yo-yo. (Istimewa)
Berkat sebuah baterai Lithium yang terpasang di dalamnya, kamu dapat menggunakannya untuk mengisi baterai. Hanya saja, untuk melakukan tersebut kamu harus memainkan yo-yo terlebih dahulu seperti mainan yo-yo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Charger bertenaga angin dan kubus

3. Pompa Angin

Perusahaan komunikasi bernama Orange memperkenalkan sebuah charger ramah lingkungan yang diberinama Orange Power Pump.

Bila pada biasanya mengandalkan tenaga listrik untuk mengisi baterai, kali ini pengguna mengandalkan tenaga penggunanya sendiri.
Charger bertenaga angin. (Istimewa)
Saat akan mengisi baterai, pengguna smartphone harus memompa udara yang akan menggerakkan sebuah turbin, dan mengubahnya menjadi tenaga listrik.

4. Pemanggang Roti

Didesain oleh Hyun-A Ko, perangkat charger ini terlihat cukup unik dan lucu. Mengambil konsep pemanggang roti otomatis, perangkat ini akan 'memanggang' baterai ponsel kamu.

Saat digunakan, baterai ponsel kamu harus dimasukkan ke dalam perangkat. Saat sudah masuk, lampu indikator akan memberikan informasi apakah baterai milik kamu sudah penuh atau belum.

Charger berbentuk pemanggang roti. (Istimewa)

Tak hanya itu saja, baterai yang sudah penuh pun akan secara otomatis keluar sendiri layaknya sebuah roti yang sudah selesai dipanggang.

5. Kubus Rubik.

Dianggap sebagai permainan yang sulit diselesaikan, permainan kubus rubik ternyata memiliki penggemar setianya. 

Untuk menggunakan perangkat ini, pertama kamu harus memainkan kubus rubik tersebut. Selama dimainkan, baterai lithium-ion yang ada di dalam akan mengubah gerakan kamu menjadi arus listrik.
Charger unik dengan bentuk kubus rubik. (Istimewa)

Lalu bagaimana cara kamu mengisi daya ponsel? Dimana letak slot USB-nya? Untuk mengakses slot USB kamu harus menarik bagian atas kubus.

(Raehan Maulida/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini