Sukses

XL Dukung Perbaikan Layanan Telematika di Indonesia

Liputan6.com, Bandung - PT XL Axiata Tbk (XL) mengklaim, pembaruan layanan pelanggan melalui jaringan 3G pada frekuensi 900 MHz (U900) untuk memperbaiki layanan telekomunikasi dan informatika (telematika) Indonesia.

Vice President XL Central Region Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, saat ini 93 persen populasi di Indonesia telah dilayani XL melalui jaringan 2G dan 3G.

Dari total pelanggan, lebih dari 50 persen masih menggunakan jaringan 2G XL dan 60-70 persen pelanggan menggunakan 2G seluruh industri, sehingga XL terus mendorong pelanggan beralih ke 3G/4G yang memiliki kemampuan akses internet dan data lebih baik.

Dengan U900, kata dia, penambahan layanan broadband di frekuensi 900 MHz mencakup area sangat luas yakni hampir enam kali dari luas cakupan jaringan 3G sebelumnya dengan kualitas sinyal dua kali lebih kuat saat di dalam ruangan. Dari sisi performa, juga lebih stabil dan cepat dengan kecepatan hingga 21 Mbps.

"Kami memang telah lama menghadirkan 2G dan 3G di Indonesia, namun dengan U900, kami bisa menghadirkan layanan 3G berkualitas lebih baik untuk akses data dan voice. Wilayah layanannya pun juga jauh lebih luas, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkannya," katanya di Bandung.

Sofia mengatakan, implementasi U900 adalah bagian visi perusahaan untuk menyesuaikan dengan program Indonesia Broadband Plan (IBP) yang dicanangkan pemerintah dengan menyediakan layanan broadband yang semakin luas hingga ke pelosok daerah.

Implementasi U900 sekaligus menjadi sarana pendorong akselerasi perpindahan pelanggan dari 2G ke 3G atau 4G juga, serta memperluas cakupan layanan internet cepat di berbagai daerah, termasuk wilayah yang selama ini belum mendapat layanan internet yang memadai.

"U900 akan meningkatkan kualitas layanan internet cepat di area-area yang sebelumnya sudah mendapatkan layanan 3G. Dengan jangkauan sinyal lebih baik, kecepatan layanan data internet tetap tinggi, bahkan untuk wilayah perbatasan, " sebutnya.

Sejalan perluasan implementasi layanan internet cepat 4G ke berbagai daerah yang sedang berjalan, implementasi U900 ini oleh XL ini menjadi langkah lebih mempercepat pemerataan jaringan internet cepat di seluruh wilayah layanan, disesuaikan ketersediaan frekuensi yang dimiliki.

(Msu/Isk)