Sukses

3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Beli PlayStation VR

Sony Interactive Entertainment (SIE) resmi mengumumkan ketersediaan PlayStation VR di pagelaran Hong Kong Ani-Com pada Juli 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Sony Interactive Entertainment (SIE) resmi mengumumkan ketersediaan PlayStation VR di pagelaran Hong Kong Ani-Com pada Juli 2016.

Dalam pagelaran ini, Sony mengumumkan kalau perangkat virtual reality (VR) besutannya akan mulai dijual secara global pada 13 Oktober 2016.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli headset VR yang sebelumnya bernama Project Morpheus ini, tim Tekno Liputan6.com merangkum fakta-fakta menarik tentang PlayStation VR.

1. 27 Gim

Walaupun masih belum pasti, laporan menyebutkan akan ada 27 gim berbagai genre yang tersedia saat PlayStation VR meluncur. Tak hanya dirilis secara eksklusif untuk PlayStation VR, beberapa di antaranya dirilis untuk PS4 dalam rentang waktu berbeda.

Dari 27 gim yang ditawarkan, gim VR buatan Rocksteady yang berjudul Batman: Arkham VR menjadi salah satu judul gim paling ditunggu dan mendapatkan respon positif saat demonya muncul.

Pengunjung mencoba new VR headset dari Sony saat acara Sony Corporation PlayStation 4 E3 2016 di Los Angeles , California , AS 13 Juni 2016. (REUTERS / Mike Blake)
Bagi pecinta gim bertemakan horor, Until Dawn: Rush of Blood dan Here They Lie merupakan judul gim yang patut dimiliki.

Selain ketiga gim paling ditunggu tersebut, 100ft Robot Golf, Battlezone, Bound, DriveClub VR, Farpoint, Harmonix Music VR, Hustle Kings VR, Job Simulator, Keep Talking and Nobody Explodes, Loading Human, PlayStation VR Worlds, Rez Infinite, RIGS: Mechanized Combat League, Rise of the Tomb Raider: Blood Ties (DLC), Robinson: The Journey, SuperHyperCube, Super Stardust Ultra VR, The Brookhaven Experiment, The Playroom VR, Thumper, Tumble VR, Volume Coda, Wayward Sky, dan World War Toons adalah 27 gim VR yang dirilis bersamaan pekan depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masa Depan dan Ketersediaan

2. Masa Depan PlayStation VR

Tidak puas dengan 27 judul gim PlayStation VR yang tersedia saat headset ini diluncurkan? Tenang, karena beberapa pengembang sudah mempersiapkan judul gim terbaru yang mendukung PlayStation VR.

Salah satu pengembang gim besar tersebut adalah Capcom dengan memboyong Resident Evil VII. Ini merupakan gim first-person horror yang akan dirilis pada 24 Januari 2017.

Salah satu cuplikan mengerikan di trailer Resident Evil 7
Tak hanya eksklusif untuk PlayStation VR, Resident Evil VII juga dapat dimainkan tanpa perangkat tersebut. Selain Resident Evil VII, gim AAA lainnya adalah Grand Turismo Sport. 

3. Ketersediaan

Dalam paket penjualan pada 13 Oktober 2016 nanti, Sony akan menyediakan dua opsi PS VR. Untuk headset PS VR-nya saja, Sony akan membanderol dengan harga Rp 5,2 jutaan.

Sedangkan untuk paket lengkap yang terdiri dari headset PlayStation VR, PlayStation Camera, dua kontroler PlayStation Move, dan satu kopi PlayStation VR World dibandrol dengan harga sekitar Rp 6,9 juta.

Untuk berfungsi secara maksimal, PlayStaion VR butuh dua perangkat tambahan ini (Gamespot)
Sekadar informasi, PlayStation VR World merupakan gim yang terdiri dari beberapa gim kecil yang dibuat khusus menampilkan fitur unik PlayStation VR.

Berbeda dengan perangkat virtual reality (Oculus Rift dan HTC Vive), PlayStation VR merupakan pilihan tepat bagi banyak gamer yang ingin merasakan pengalaman bermain gim terbaik dengan harga yang lebih terjangkau.

Melihat pangsa pasar VR yang masih besar, Sony berkesempatan mendulang keuntungan jika perusahaan asal Negeri Sakura ini berhasil "memainkan kartu" PlayStation VR dengan baik dan benar.

PlayStation VR sudah mulai dijual pada 13 Oktober 2016 di Indonesia dan dapat digunakan pada konsol PlayStation 4.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini