Sukses

Gunakan Cara Ini untuk Chatting Lebih Aman di Messenger

Facebook akhirnya merilis fitur Secret Conversation untuk Messenger. Bagaimana cara menggunakannya?

Liputan6.com, Jakarta - Facebook, setelah melakukan uji coba pada pertengahan tahun ini, akhirnya merilis fitur Secret Conversation untuk Messenger.

Sama halnya seperti WhatsApp, lewat fitur ini pengguna Facebook Messenger dapat berkirim pesan lebih aman berkat kehadiran enkripsi end-to-end. Jadi, pihak ketiga bahkan termasuk Facebook tak bisa melihat isi percakapan.

Namun ada sedikit perbedaan antara fitur enkripsi pada Messenger dengan aplikasi chatting lain. Facebook menawarkan fitur ini sebagai tambahan, sehingga pengguna diberi kebebasan untuk menggunakannya atau tidak.

Hal itu dilakukan karena ada beberapa fitur lain yang tak dapat aktif ketika enkripsi diaktifkan. Adapun fitur tersebut adalah berkirim konten animasi seperti GIF, menyimpan percakapan yang sudah lampau, termasuk penggunaan lintas perangkat. 

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur Secret Conversation di Facebook Messenger? Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fitur tersebut seperti dikutip dari laman Mirror, Senin (10/10/2016).

1. Buka aplikasi Facebook Messenger dan pilih teman yang ingin diajak berbincang

2. Setelah terbuka, pilih ikon (i) di bagian kanan atas untuk menampilkan informasi percakapan dengan orang tersebut.

3. Pilih Secret Conversation dengan ikon gembok untuk mulai mengaktifkan fitur ini.

4. Percakapan yang kamu lakukan pun sudah dienkrispi end-to-end. Sebagai tanda, jendela percakapan akan berubah menjadi hitam ketika fitur ini aktif.

5. Kamu juga bisa mengatur durasi sebuah pesan dapat bertahan melalui fitur ini. Cukup pilih ikon jam, kemudian tentukan sebuah percakapan hancur secara otomatis setelah dibaca penerima.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini