Sukses

Trik Mengisi Baterai Smartphone Secara Kilat

Liputan6.com, Bandung - Mengisi baterai ponsel ternyata bukan lah urusan mudah dan tidak boleh dilakukan sembarangan. 

Jika dilakukan demikian, ponsel Anda akan terkena banyak dampaknya. Misalnya, baterai bocor yang membuat ponsel cepat rusak. Yang paling fatal, bisa-bisa ponsel Anda meledak atau terbakar.
 
Untuk itu, Anda harus membiasakan untuk tidak menggunakan ponsel saat baterainya di-charge. Jika Anda tak ingin menunggu lama, ada beberapa trik yang dapat Anda coba agar baterai ponsel Andai dapat terisi cepat. 

1. Ponsel dalam Keadaan Mati 
Tips pertama, charge baterai saat ponsel dalam keaadaan mati. Dengan cara ini, ponsel akan sepenuhnya menerima daya, tidak membakar daya untuk aktivitas lain meskipun dalam kondisi tidak aktif.

2. Aktifkan Mode Pesawat
Jika tidak ingin dimatikan, Anda bisa mengaktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode saat mengisi baterai smartphone. Cara ini memang lebih praktis dibandingkan harus menonaktifkan smartphone sebelum men-charge.

3. Gunakan Charger Asli
Tak jarang para pengguna smartphone kerap menggunakan charger murah. Padahal penggunaan perangkat yang tidak orisinal akan berdampak buruk pada smartphone itu sendiri.

Vendor asli pastinya memperhitungkan hal-hal terkait tegangan dan aliran arus yang pas serta ukuran fisik yang tepat digunakan pada smartphone. Jadi, pakailah charger yang asli.

4. Jangan Pakai Smartphone Saat Di-charge
Ini adalah tantangan paling sulit bagi para pecandu smartphone. Jika Anda menggunakan smartphone dalam keadaan di-charge, Anda memaksanya untuk aktif bekerja yang justru menguras baterai. Akibatnya, pengisian ulang daya baterai menjadi lebih lama dan smartphone bisa menjadi lebih panas.

(Msu/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.