Sukses

Begini Rupa Peta Kabel Telekomunikasi Bawah Laut di Dunia

TeleGeography membuat peta kabel telekomunikasi bawah laut di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kenyataannya, kita berkomunikasi tak hanya mengandalkan jaringan kabel yang terpasang di menara atau tiang, tetapi juga di bawah laut. 

Namun, pernah kah terbayang di benak Anda seperti rupa bumi jika ada kabel telekomunikasi terpasang di bawah laut? 

Sejauh ini memang belum ada peta satelit yang menampilkan hal tersebut. Akan tetapi, peta animasi ini dapat menjadi gambaran. 

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Senin (10/10/2016), TeleGeography membuat peta animasi yang menampilkan kabel telekomunikasi bawah laut (submarine cable map) di seluruh dunia.

Hasilnya, kabel-kabel terpasang sejauh 550.000 mil di bawah laut. Data terakhir TeleGeography mencatat terdapat 321 sistem kabel, baik yang aktif, dalam pengerjaan, maupun yang akan beroperasi pada akhir 2016.

Peta kabel telekomunikasi bawah laut di dunia. (Doc: Submarine Cable Map)
Seluruh kabel bawah laut ini berfungsi untuk mengantarkan trafik internet domestik maupun internasional. Beberapa di antaranya saling terhubung antar satu negara dengan negara lain.


Indonesia juga memiliki sistem kabel telekomunikasi bawah laut. Beberapa di antaranya adalah Indonesia Global Gateway (IGG) System, konsorsium Thailand-Indonesia-Singapore (TIS), XL Bali Lombok Submarine Cable System, dan Sumatera Bangka Cable System (SBCS). 

Peta kabel telekomunikasi bawah laut di Indonesia. (Doc: Submarine Cable Map)TeleGeography sendiri merupakan lembaga riset dan firma konsultan di bidang telekomunikasi. Untuk melihat peta secara utuh, Anda dapat mengunjungi tautan ini. 

(Cas/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.