Sukses

Lakukan Tips Ini Supaya Masa Pakai Baterai Ponsel Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar iPhone biasanya sangat menantikan informasi baterai saat peluncuran iPhone terbaru setiap tahunnya. Fitur utama yang biasanya diharapkan oleh pecinta Apple ini adalah baterai awet dan tahan lama. 

Menyadur PC-Tablet, American Chemical Society merilis sebuah video, yang menyertakan beberapa tips untuk memperpanjang masa pakai baterai. Video dimulai dengan pengenalan singkat tentang prinsip dasar dari baterai ion-lithium.

Smartphone dengan baterai lithium-ion

Kamu pasti tahu bahwa smartphone saat ini menggunakan baterai lithium-ion. Baterai ini merupakan jenis ringan dan memiliki kekuatan lebih lama dibanding jenis baterai lainnya. Tentu saja, baterai akan mulai menurun tingkat kekuatannya dalam periode waktu tertentu.


Tingkat kekuatan baterai akan menurun dalam periode berkala


Meskipun kamu membeli smartphone mahal seperti iPhone, baterai akan cenderung menurun tingkat kekuatannya dalam periode waktu tertentu hingga akhirnya kekuatan baterai akan benar-benar hilang. Kelebihan utama baterai lithium-ion adalah kamu akan diingatkan ketika baterai akan habis dan ini memungkinkan kamu mengisi baterai secara penuh.

1 dari 2 halaman

Lakukan Tips Ini Supaya Masa Pakai Baterai Ponsel Tahan Lama

Sebaiknya kamu tetap menjaga kekuatan baterai di ambang batas 50 persen. Menurut Eric Limer, kapasitas muatan baterai ditentukan oleh berapa banyak lithium-ion berada di titik bar kedua elektrodanya.

Saat melakukan pengisian setiap hari, komponen akan menurun dan hal ini membuat ion menjadi lebih sedikit. Karena itu perusahaan baterai merekomendasikan pemakaian parsial karena akan sulit jika mengisi baterai dimulai dari nol.

Hindari panas di dekat smartphone

Terungkap, panas adalah pembunuh baterai lithium-ion. Disebutkan, panas akan mempercepat semua reaksi kimia pada baterai, terutama panas sangat ekstrem. Bahkan ternyata, panas tubuh manusia juga bisa merusak baterai secara cepat. Karenanya, kamu disarankan untuk menjauhkan ponsel dari saku.

Baterai bisa meledak jika tidak diisi

Jika baterai kamu dibiarkan kosong, ini akan menjadi penyebab baterai tidak stabil bahkan meledak. Maka itu, jika kamu memiliki smartphone atau bahkan laptop, sebaiknya kamu melakukan pengisian saat kapasitas baterai masih tersisa setengah.

(Dta/Why)

Artikel Selanjutnya
Ingin Tetap Tampil Cantik Saat Naik Kendaraan Umum? Ini Triknya!
Artikel Selanjutnya
Yuk, Coba Sendiri Trik Hilangkan Goresan di Layar Ponsel