Sukses

5 Tips Agar iPhone Kamu Aman dari "Tangan Jahil"

Liputan6.com, Jakarta - Setelah perseteruan Apple dengan FBI prihal cara untuk membuka/meretas iPhone 5c milik seseorang yang diduga teroris, tak sedikit penguna iPhone mempertanyakan seberapa aman data mereka yang tersimpan di dalamnya.

Walau iOS terbilang cukup aman dari para peretas dan malware, tidak ada salahnya kamu melakukan kelima hal yang dikutip dari Lifehack, Rabu (12/10/2016) untuk membuat iPhone kamu lebih aman lagi.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah lima hal tersebut.

1. Fitur Hapus Sendiri

Tak ingin data pribadi dan penting kamu diakses orang lain yang tak berkepentingan? Jika ya, maka kamu bisa menggunakan fitur bawaan yang Apple sajikan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur agar data yang ada di dalam ponsel akan terhapus secara otomatis bila ada orang yang memaksa akses ponsel kamu.

Untuk menggunakan fitur ini, buka menu Settings > Touch ID & Passcode. Gulir layar ke atas untuk menemukan menu 'Erase Data' dan geser tombol untuk menyalakannya.

Dengan ini, data di dalam ponsel akan dihapus secara otomatis bilamana seseorang salah mengetik PIN sebanyak 10 kali.

1 dari 3 halaman

PIN dan Sidik Jari

2. Gunakan Pin atau Pemindai Sidik Jari

Kita menggunakan smartphone untuk berbagai hal mulai dari cek email, browsing, perbankan dan berbelanja online. Karena itu, akan menjadi berbahaya jika iPhone kamu tidak terkunci dan ada yang mengaksesnya.

Mengunci layar adalah salah satu cara untuk mencegah seseorang mengakses aplikasi dan data penting yang tersimpan di dalam ponsel.

Untuk mengaktifkannya, buka Settings > General > Touch ID & Passcode, kamu dapat memilih untuk menyalakan penggunaan sidik jari atau PIN numeric untuk mengakses ponsel kamu.

3. Gunakan Digit Password Lebih Panjang

Pada umumnya setiap pabrikan ponsel menyediakan PIN keamanan sebanyak empat digit. Namun, ada satu dari 10,000 kesempatan dimana seseorang berhasil menebak password kamu.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa pilih jumlah digit PIN yang digunakan. Di iPhone, Apple menyediakan pilihan Custom Alphanumeric Code, Custom Numeric Code, dan 4-Digit Numeric Code. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Settings > Touch ID & Passcode > Change Passcode.

2 dari 3 halaman

Siri dan AutoFill

4. Nonaktifkan Siri

Tampil sebagai asisten pribadi di dalam ponsel, Siri terkadang dapat dieksploitasi penyusup untuk membocorkan data penting.

Penyusup yang sudah mengincar ponsel, dapat dengan mudah menanyakan berbagai pertanyaan yang kemungkinan membocorkan informasi penting.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa buka Settings > Touch ID & Passcode, dan matikan Siri pada pilihan menu "Allow Access When Locked."

5. Jangan Gunakan AutoFill

Bagi kamu yang sering chatting di berbagai aplikasi olah pesan pasti pernah menggunakan fitur AutoFill. Walau fitur ini cukup membantu saat sedang mengetik, ternyata fitur ini akan menyimpan berbagai teks penting dan sering kamu gunakan.

Karena itu, saat mengisi nama, password, username, atau informasi kartu kredit, fitur ini akan secara otomatis menuliskannya untuk kamu. Untuk mematikannya, buka menu Settings > General, dan matikan "Passwords & AutoFill."

(Dta/Ysl)

Artikel Selanjutnya
10 Langkah Nyata Buat Makeup Anda Awet Sepanjang Hari
Artikel Selanjutnya
5 Tips dan Trik Traveling yang Brilian Ini Patut Dicoba