Sukses

Geber Jaringan 4G, Tri Siap Tambah Cakupan di 15 Kota

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler, PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) berencana menambah cakupan (coverage) jaringan 4G di 15 kota di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini.

Tadinya, Tri baru mengomersialkan layanan 4G di enam kota saja, antara lain Jakarta, Bandung, Batam, Pontianak, Bali, dan Makassar.

"Kami akan upgrade jaringan 4G di 15 kota lagi. Akhir tahun, layanan 4G kami siap layani masyarakat Indonesia," ungkap Dolly Susanto Chief Commercial Officer Tri Indonesia saat ditemui di acara perkenalan kartu perdana #Ambisiku Always On di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Sayangnya, Dolly enggan menyebutkan target kota-kota perluasan jaringan 4G Tri termasuk jumlah penambahan Base Transceiver Station (BTS). Ia memastikan bahwa kapasitas jaringannya siap menampung pertumbuhan trafik dan pelanggan 4G di masa depan.

Lebih lanjut, penambahan cakupan jaringan ini sejalan dengan meningkatnya trafik internet Tri. Ia mengungkap total trafik data Tri menembus 1.700 Terabyte (TB) per hari, melonjak dari sebelumnya yang 1.500 TB per hari.

"Namun, rata-rata per pengguna menghabiskan kuota sebesar 2GB-3GB per bulan," tambah Dolly.

Trafik data ini, lanjut Dolly, terbagi atas beberapa jenis pemakaian. Rinciannya, 25 persen untuk media sosial, 20 persen streaming, 10 persen masing-masing untuk eCommerce dan gim.

Tri mencatat total pelanggannya sebanyak 56,5 juta, dengan 500 ribu pengguna merupakan pelanggan aktif 4G. Layanan 4G-nya telah didukung oleh 800 BTS 4G yang tersebar di enam kota besar di Tanah Air.

(Cas/Ysl)