Sukses

Berkat 4T4R, 4G XL Bisa Genjot Kecepatan Data Hingga 300Mbps

Liputan6.com, Jakarta - XL menerapkan teknologi terbarunya yakni 4T4R 4x4 MIMO yang diklaim bisa memaksimalkan kinerja layanan 4G LTE miliknya.

Chief Service Management XL Yessie D Yosetya mengatakan, dengan teknologi ini, kecepatan akses internet 4G LTE XL bisa dua kali lipat lebih cepat dan stabil.

Bahkan, teknologi yang jadi awal penyelenggaraan layanan 4,5G XL ini dianggap mampu menyuguhkan internet hingga kecepatan 300Mbps. Untuk menerapkan teknologi yang didapuk pertana di Indonesia ini, XL bekerja sama dengan Ericsson Mobility.

Untuk membuktikannya, XL dan Ericsson Mobility melakukan demo yang bertempat di Grha XL Jakarta, Rabu (12/10/2016).

"Dari demo ini diketahui bahwa dengan bandwidth 20Mhz, kita bisa mendapatkan kecepatan transfer data yang tinggi, yaitu hampir 300Mbps. Ini hanya dapat dilakukan dengan teknologi 4T4R 4x4 MIMO, dengan kecepatan 2 kali lipat dibandingkan teknologi sebelumnya 2T2R," kata Presiden Direktur Ericsson Thomas Jul.

Sebelumnya dengan teknologi 2T2R, kecepatan transfer data maksimal hanya 150Mbps.

"Saat ini XL fokus pada layanan 4G LTE, kami terus memperluas cakupan wilayah layanan dan memaksimalkan performa, yakni dengan mengimplentasikan teknologi 4T4R 4x4 MIMO tahun ini," kata Yessie.

Sebagai informasi, teknologi ini sudah diterapkan oleh XL di beberapa area, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Vice President LTE XL Rahmadi Mulyohartono mengungkapkan, proses implementasi teknologi baru XL kini masih berlangsung dan ditargetkan selesai November ini.

Untuk diketahui, teknologi 4T4R sendiri adalah teknologi untuk meningkatkan kecepatan akses data dan kestabilan layanan 4G LTE XL dengan kombinasi multi sinyal.

Kombinasi multi sinyal mengombinasikan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Artinya, teknologi ini memancarkan dan menerima kombinasi data dari 4 sinyal sekaligus.

Dibandingkan teknologi sebelumnya, yakni 2T2R, akses internet pelanggan bisa meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan kecepatan sebelumnya.

(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
CEO XL: Kami Siap Adopsi Teknologi 5G pada 2020
Artikel Selanjutnya
Uji Jaringan 5G, XL: Download Video Cuma Tinggal Kedip