Sukses

Google Akan Benamkan Android 7.0 Nougat Beta untuk Seri Nexus

Liputan6.com, California - Google baru saja mengumumkan rencana untuk merilis developer preview dan public beta untuk Android 7.1 Nougat. Versi terbaru ini akan membawa beberapa perubahan dan rencananya akan digulirkan akhir Oktober 2016.

Mengutip informasi dari laman The Verge, Senin (17/10/2016), versi 7.1 beta ini akan tersedia untuk pertama kali pada Nexus 6P, 5X, dan tablet Pixel C. Sementara versi final Android ini juga akan tersedia untuk Pixel, Pixel XL, Nexus 9, NexusPlayer, dan seri Android One.

Fitur-fitur yang tersedia pada versi 7.1 sendiri sudah sempat diperkenalkan pada saat peluncuran Pixel minggu lalu. Salah satunya adalah dukungan platform Virtual Reality, Daydream, dan pembaruan sistem A/B yang lebih cepat.

Tak hanya itu, Google juga menyebut pengembang dapat menambahkan 'appshortcut' di aplikasi besutannya.

Jadi, pengguna dapat melakukan beberapa fungsi atau fitur sebuah aplikasi langsung dari layar home-nya. Secara garis besar, fitur ini mirip dengan 3D Touch yang ada di Apple.

Namun, fitur utama seperti Google Assistant dipastikan masih hanya tersedia secara eksklusif untuk Pixel dan Pixel XL.

Belum dapat dipastikan kapan Google akan meluncurkan pembaruan ini secara lebih luas, tapi setidaknya versi beta sudah dapat diunduh dalam waktu dekat.

Sebagai informasi, Google membekali Android Nougat dengan 72 emoji baru, fitur multi window, cara yang lebih cepat untuk beralih antar aplikasi, dan Dozeon-the-go untuk membuat daya tahan baterai lebih awet ketika bepergian.

Ada juga fitur enkripsi berbasis file dan pengguna juga bisa langsung membalas pesan dari notifikasi. Meskipun belum seluruh vendor menggulirkan pembaruan, beberapa perusahaan sudah memastikan produk besutannya yang akan mendapat pembaruan Android Nougat.

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
Terungkap, Alasan Google Selalu Pilih Nama Camilan untuk Android
Artikel Selanjutnya
2 Smartphone Pertama yang Kebagian Android Oreo, Apa Saja?