Sukses

Aplikasi Kirim Video Ini Hadir dengan Fitur Pengenalan Suara

Aplikasi bernama Tribe ini mempermudah pengguna berkirim pesan video dengan kehadiran fitur pengenalan suara

Liputan6.com, San Fransisco - Setelah dikembangkan selama satu tahun, aplikasi berkirim video, Tribe, akhirnya hadir dengan fitur lebih lengkap. Aplikasi yang memiliki layanan seperti Snapchat ini datang dengan dukungan teknologi pengenalan suara.

Sebagai informasi, Tribe pada dasarnya memiliki fungsi seperti walkie-talkie berbasis video. Jadi, pengguna dapat berkirim pesan dalam bentuk video sepanjang 15 detik pada orang yang ingin dituju.

Namun dengan pembaruan ini, Tribe dimungkinkan untuk mengakses API suara dari Google. Lewat cara ini, ketika pengguna mengucapkan suatu kata di video, aplikasi ini akan mengenali dan mencari tautan yang relevan dengan ucapan tersebut.

Contohnya, seseorang akan mengirimkan pesan untuk mengajak orang lain menonton film yang dibintangi Brad Pitt di sebuah bioskop tertentu.

Setelah terkirim ke penerima, tampilan Tribe akan menyertakan tautan ke Brad Pitt, film yang dibintangi Brad Pitt, termasuk tautan lokasi bioskop tersebut.

Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Jumat (14/10/2016) CEO dan founder Tribe Cyril Paglino menyebut aplikasi ini sebagai 'augmented messaning'. Ia mengungkapkan, alasan di balik kehadiran fitur pengenalan itu adalah membuat Tribe menjadi aplikasi paling memuaskan bagi dirinya dan orang lain.

Paglino juga percaya format yang ditawarkan Tribe dapat menarik pengguna di tengah-tengah aplikasi serupa, seperti iMessage, Facebook Messenger, termasuk Snapchat. 

Ia menyebut Tribe memang memakai video sebagai format utama, tapi pengguna juga dapat menambahkan teks untuk keperluan tertentu. Aplikasi ini sudah diunduh oleh sekitar 500 ribu pengguna smartphone dan 400 ribu di antaranya merupakan pengguna aktif harian.

Meski terbilang baru, aplikasi ini juga sudah mendapat suntikan dana dari beberapa venture capital firm seperti Sequoia, Ludlow, Partech Ventures, dan Kima Ventures. Saat ini Tribe sudah tersedia untuk Android dan iOS. 

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini