Sukses

Coba Tebak, Ada Berapa Banyak Galaksi ‘Hidup’ di Tata Surya?

Berapa jumlah galaksi yang sebenarnya menghidupi alam semesta? Temukan jawabannya berikut ini.

Liputan6.com, California - Pernahkah kamu menebak-nebak, kira-kira ada berapa banyak galaksi yang tersebar di Tata Surya? Jika jawabanmu 10, 100, atau 1.000, kamu bisa saja salah.

Berdasarkan prediksi dan kalkulasi ilmuwan antariksa di NASA, ada sekitar lebih dari 2 triliun galaksi yang hidup di alam semesta.

Seperti dilansir Mirror, Sabtu (15/10/2016), para ilmuwan tersebut mencoba untuk menghitung jumlah galaksi dari gambar-gambar luar angkasa yang diambil dari teleskop Hubble Space dan observatorium di seluruh dunia.

Dengan menggunakan peta 3D, gambar-gambar tersebut diteliti lebih lanjut. Para ilmuwan ini mencoba mengambil berapa banyak volume galaksi yang dimuat dari pecahan bintang dan putaran cahaya raksasa yang ada di luar angkasa.


Bahkan, berdasarkan analisis dari salah seorang ilmuwan, Profesor Christopher Conselice, beberapa galaksi sudah lebih dulu lahir sebelum Bumi tercipta. Dalam hal ini, yang ia bicarakan bukan galaksi Bimasakti--galaksi di mana kita hidup pada saat ini.

"Galaksi-galaksi yang tercipta di masa lalu menandakan bahwa alam semesta memang terus berevolusi. Sayangnya, kita tidak bisa memastikan galaksi mana yang pertama muncul," kata Profesor yang mengajar di University of Nottingham tersebut.

"Sampai detik ini, berapa jumlah galaksi yang benar-benar hidup di alam semesta memang masih jadi pertanyaan banyak orang. Semoga saja prediksi kami tidak meleset. Siapa tahu, ke depannya makin banyak galaksi yang kita temukan dengan teleskop berteknologi canggih?" pungkasnya.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini