Sukses

Trik Jitu Agar Uang Gajimu Tak Cepat Abis

Liputan6.com, Jakarta Mendengar kata gajian rasanya ingin membeli apapun yang kita inginkan bahkan sebelum gajian dan dari jauh-jauh hari ada yang sudah membuat wishlist (daftar belanja yang ingin dibeli) namun tetap saja ada yang membeli diluar anggaran yang sudah dibuat karena tergiur SALE atau trend terbaru gadget, fashion, dan lainnya.

Sifat dasar manusia yang tak pernah puas agaknya ikut mengambil peran, karena berapa pun besaran gaji yang diterima seakan tidak akan pernah cukup.

Tak sedikit yang mengeluhkan gaji sudah menipis bahkan tak bersisa jauh sebelum waktu gajian berikutnya tiba. Sebenarnya besaran gaji yang memang tidak mencukupi biaya hidup selama satu bulan atau manajemen pengelolaannya yang kurang baik?

Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa membeli yang kita butuhkan dan bisa bertahan dengan gaji yang diterima sampai bertemu ke tanggal gajian lagi? Ini dia trik jitunya agar uang gajimu tak cepat abis:

1. Buat Anggaran Belanja
Tidak bisa menyangkal dari banyaknya kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, mulai dari makan, transportasi, listrik, pulsa telepon, dan lainnya. Belum lagi jika Anda punya pinjaman yang mewajibkan untuk membayar angsuran. Agar semua kebutuhan terpenuhi, maka buatlah anggaran belanja bulanan. Membuat catatan atau daftar belanja ini berfungsi sebagai pengendali pengeluaran untuk hal-hal yang tak terduga dan tak perlu.

2. Alokasikan ke Rekening Tabungan
Setelah mengeluarkan uang gaji untuk hal-hal yang utama dan penting sesuai dengan anggaran belanja yang Anda buat, sebaiknya langsung Anda sisihkan untuk menabung. Usahakan Anda juga memisahkan rekening gajian dengan rekening tabungan Anda.

3. Atur Jadwal Penarikan Uang di ATM
Anda akan bergantung dan senantiasa tergoda untuk mengambil uang di ATM setiap saat. Hal tersebut justru tak baik bagi finansial Anda, karena bisa jadi uang yang diambil melebihi budget pengeluaran yang telah direncanakan. Ada baiknya jika Anda mengatur jadwal penarikan uang di ATM. Misalnya, seminggu sekali untuk memenuhi kebutuhan selama satu minggu. Dengan taat anggaran, uang Anda bisa terselamatkan.

4. Tahan Godaan SALE
Meski tidak masuk dalam rencana belanja atau pos pengeluaran, diakui atau tidak godaan produk diskon dan promo murah ini justru menyita uang gaji cukup besar. Seolah tersihir, belanja produk diskon dan promo murah memang mengasyikkan. Namun, ketika menyadari uang habis barulah gigit jari. Untuk menghindari godaan tersebut, Anda wajib membentengi diri. Jangan mudah terpengaruh apalagi terbujuk dengan rayuan toko-toko yang ingin ‘menguras’ isi kantong Anda.

5. Pilih Gadget Yang Terjangkau Tapi Kualitas Mahal
Sehabis gajian, gadget rusak atau ingin memiliki gadget baru itu sah-sah aja untuk membeli yang baru. Balik lagi Anda harus sesuaikan terlebih dahulu harga gadget dengan kantong atau budget Anda.
Inginnya punya gadget dengan harga murah tapi kualitas nggak murahan dan bisa dapetin semuanya kan? Tentu bisa!

Anda bisa mendapatkan gadget dengan harga murah dan bisa dapetin semuanya dalam satu gadget. Yap, gadget yang tepat untuk Anda ialah Smartfren Samsung Tizen Z2 hanya dengan harga Rp 899.000 kamu udah bisa dapetin gadget dengan design yang stylish dengan kamera depan VGA dan kamera belakang 8MP bukan hanya itu Anda juga bisa dapetin double kuota extra dari Smartfren.

Jadi jangan takut gaji Anda akan habis jika Anda membeli Smarfren Samsung Tizen Z2 ini, yuk cari info selengkapnya di sini!

 

(Adv/HA)