Sukses

Evolusi Teknologi Kamera Selfie Dari Jadoel ke Canggih

Perkembangan teknologi kamera selfie makin pesat dan canggih.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman modern saat ini, kamera seakan menjadi fitur wajib yang ada di ponsel. Salah satu faktornya adalah gaya hidup masyarakat yang gemar mengambil foto maupun video kemudian di upload di jejaring sosial atau media sosial.

Fenomena ini pun membuat produsen smartphone berlomba-lomba mengembangkan teknologi kamera yang terbaik pada perangkatnya guna memenuhi tuntutan dan keinginan masyarakat. Mulai dari ukuran resolusi hingga fitur-fitur canggih untuk bisa menghasilkan gambar yang optimal.

Tercatat sejak tahun 2000 hingga 2016 ini, resolusi kamera utama atau belakang berkembang dengan pesat, mulai dari 0,1 MP, 2, MP, 3,2 MP, 5 MP hingga 41 Mp. Meski begitu, ponsel dengan kamera 8 - 13 MP lah yang laris manis dipasaran dan dikeluarkan para vendor ponsel.

Faktanya, perkembangan teknologi kamera ponsel tak hanya terjadi pada kamera belakang, namun juga pada kamera depan. Meluasnya mobile internet 3G dan 4G LTE, media sosial dan fenomena selfie membuat kebutuhan terhadap kamera depan yang berkualitas semakin tinggi di masyarakat.

Lalu, teknologi apa saja yang membuat kamera selfie menjadi lebih canggih dan maju, simak ulasan berikut ini:

1. Resolusi Kamera Depan

Teknologi kamera selfie pada smartphone dimulai dengan resolusi VGA atau 1,3 MP saja. Kemudian muncul 2 MP, 3 MP, 5 MP, hingga 16 MP. Resolusi kamera depan 5 MP menjadi ukuran yang paling banyak disematkan para vendor pada produk ponselnya.

OPPO tercatat menjadi brand yang fokus dalam pengembangan kamera depan. Sehingga untuk teknologi kamera selfie dengan resolusi tertinggi dimiliki oleh OPPO F1 series dengan 16 Megapiksel yaitu OPPO F1 Plus dan OPPO F1s.

2. Inovasi Desain Kamera

Teknologi kamera tak berhenti pada ukuran resolusi tapi juga pada inovasi desain kamera. Seperti kamera berputar yang tersemat pada OPPO N1 yang memiliki ukuran 13 MP, bisa menjadi kamera belakang dan depan.

Kamera selfie berputar tertinggi saat ini pun masih dipegang oleh OPPO dengan seri OPPO N3. Setelah kamera berputar, ada pula teknologi double kamera depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi Kamera Selfie

3. Flash Kamera

Produsen ponsel menghadirkan fitur flash di kamera baik di belakang maupun di depan. LED Flash menjadi solusi jika mengambil foto dalam kondisi kurang cahaya seperti di malam hari atau di dalam ruangan. Walau seringkali over exposure, tapi LED Flash dapat membuat objek foto menjadi terang.

Selain LED Flash, ada teknologi lain yang dikenal Screen Flash. Produsen OPPO menerapkan teknologi pada smartphone OPPO F1 Series-nya.

Jika LED Flash mengeluarkan cahaya, Screen Flash otomatis mendeteksi kondisi cahaya dan mengkalkulasikan intensitas cahaya sehingga wajah cerah tapi tidak berlebihan. Teknologi ini bisa ditemukan pada OPPO F1s.

4. Fitur Beautify, Panorama, dan Filter

Dahulu kita mungkin hanya mengenal fitur zoom, night mode, spesial effect, dan white balance. Saat ini, teknologi fitur kamera berkembang lebih jauh lagi, diantaranya Beautify, Panorama, dan Filter.

Beautify merupakan teknologi pengenalan wajah yang lebih detail sehingga mampu menghasilkan efek kulit wajah yang cerah dan natural. Tingkat efek beautify bukan hanya 1 atau 2, melainkan ada 7 tingkatan. OPPO F1s pun telah memiliki pengembangan fitur Beautify 4.0.

Foto groufie kini lebih mudah dengan adanya fitur panorama, dengan kamera depan yang resolusinya tinggi sudah pasti hasilnya akan lebih memuaskan. Hampir di semua smartphone keluaran terbaru sudah tersedia fitur ini.

Filter? Tak terhitung berapa banyak filter yang bisa dipilih para pengguna smartphone saat ini. Anda tinggal pilih sesuai mood dan tema foto yang Anda inginkan, update foto jadi lebih cepat dan simpel.

5. Palm Shutter

Dahulu, cara mengambil gambar dengan menekan tombol shutter atau dengan timer. Kemudian berkembang lagi dengan teknologi bluetooth maupun tongsis yang memiliki fitur tombol shutter juga.

Kini, ada cara baru yang lebih maju untuk mengambil gambar yakni dengan gesture tangan. Fitur Palm Shutter membuat cara mengambil foto lebih mudah dan cepat, cukup dengan gesture tangan. Teknologi ini tersemat pada smartphone OPPO F1s, dimana Anda tinggal mengarahkan telapak tangan ke kamera depan sebagai pengganti tombol shutter.

Disamping 5 teknologi di atas, tentunya masih banyak faktor lain yang membuat kamera selfie makin canggih dan maju. Yuk, share di kolom komentar.

(Adv)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini