Sukses

Selfie Bisa Jadi Alternatif Pengganti Password Konvensional

Mastercard ternyata sudah menggunakan selfie untuk melakukan verifikasi pembayaran online

Liputan6.com, New York - Swafoto atau selfie ternyata memiliki fungsi lebih dari sekadar mengabadikan momen tertentu. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh Mastercard.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu baru saja memperkenalkan teknologi anyar untuk mendukung transaksi penggunanya. Mastercard kini memungkinkan pengguna kartunya melakukan selfie untuk memverifikasi sebuah transaksi pembayaran.

Jadi, pengguna tak perlu lagi menggunakan password atau PIN untuk melakukan pembayaran online. Cara ini diharapkan dapat menambah penggunaan layanan Mastercard sekaligus meningkatkan keamanan layanannya. 

Mengutip informasi dari laman Telegraph, Rabu (18/10/2016), untuk mulai menggunakan fitur ini pengguna harus mengunduh aplikasi Identity Check terlebih dulu. Melalui aplikasi itu, pengguna dapat memakai sidik jari atau pengenalan wajah untuk memastikan sebuah pembayaran.

Fitur ini sudah berjalan sukses dalam serangkaian uji coba di Belanda, Amerika Serikat, dan Kanada. Rencananya, fitur ini juga akan digulirkan di 12 negara Eropa dalam waktu dekat.

Mastercard menyebut banyak pengguna merasa sistem anyar ini lebih baik ketimbang password. Karena itu, layanan ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak negara di tahun depan. Sebagai informasi, penggunaan password lewat kombinasi angka dan huruf memang sudah sering dianggap usang dan tak lagi aman.

Salah satu alasannya adalah penggunaan kombinasi password terlalu umum. Penggunaan teknologi biometrik pun disebut akan menjadi alternatif password di masa depan.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.